Pelaksanaan pendidikan pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Bekasi

Fakhrurrozi, Khamim (2019) Pelaksanaan pendidikan pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada studi pendahuluan mengenai: Pertama, pelaksanaan pendidikan pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Bekasi sebagai lembaga pendidikan Islam yang dalam perkembangannya memadukan antara sistem pendidikan pesantren salaf (tradisional) dengan sistem pendidikan pesantren khalaf (modern), sehingga pesantren ini diminati masyarakat; Kedua, adanya anggapan terhadap kualitas pendidikan Islam di pesantren yang menyatakan bahwa pesantren adalah pendidikan Islam yang kolot (tua; kuno) adapun tidak selaras dengan perkembangan era modern saat ini; Ketiga, pesantren perlu mengadakan pengembangan agar dapat memenuhi harapan masyarakat serta selaras dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di era globalisasi guna menjaga eksistensi pendidikan Islam dan juga pesantren sehingga tetap diminati masyarakat di era modern ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui tujuan pendidikan pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Bekasi ini; (2) mengetahui pelaksanaan pendidikan pada pondok pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Bekasi; dan (3) mengetahui faktor pendukung dan Penghambat dalam pelaksanaan pendidikan di Pondok pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan grounded theory design. Alat pengumpul data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) tujuan pendidikan pada pendidikan pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Bekasi ini yaitu menciptakan santri yang memiliki karakteristik berakhlaq mulia, berdisiplin, berwawasan luas, dan ‘arif billahi wa rasulihi.(2) pelaksanaan pendidikan pada pondok pesantren tarbiyatul mubtadiin bekasi ini diantara lain sebagai berikut: penerimaan santri baru dilaksanakan melalui dua gelombang yang menerima seluruh calon santri baru yang telah mendaftar dengan berbagai tes masuk untuk kepentingan pihak pondok pesantren dalam pengelompokkan santri. Adapun proses pendidikan yang digunakan pada pondok pesantren ini yaitu dengan memadukan sistem salaf (tradisional) dan sistem khalaf (modern) yang mana pada pelaksanaan pengajarannya, sistem salaf dengan pengkajian kitab kuning yang dibimbing oleh kyai pondok dan sistem khalaf dengan materi-materi pelajaran Kemenag yang dipadukan dengan materi pelajaran kitab Gontor oleh ustadz-ustadz pondok. Adapun santri lulusan pondok pesantren ini yaitu: cenderung aktif pada kegiatan sekolah di jenjang selanjutnya, hafal juz 1, juz 30 dan surat-surat pilihan, memiliki sifat disiplin, dan takzim kepada guru dan teman. (3) faktor pendukung adalah kehadiran peran lulusan Pondok Pesantren Gontor yang akan memberikan inovasi dan menjaga arah pendidikan yang tidak terlepas dari peran bantuan pemerintah, dan faktor penghambatnya adalah masih banyak ditemukan santri yang belum bisa mengikuti beberapa pelajaran yang dominan berbahasa Arab, masih ada beberapa santri yang melanggar peraturan pondok, dan kurangnya solidaritas masyarakat sekitar pondok dalam menunjang program pondok pesantren yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pendidikan; pesantren salaf; pesantren khalaf.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khamim Fakhrurrozi
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:03
Last Modified: 08 Jul 2019 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21519

Actions (login required)

View Item View Item