Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis

Inayah, Widia Nurbaeti (2019) Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab dari kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Pendekatan pada peneelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Pelaksanaan tes diikuti oleh 29 siswa dari VII-C SMP Karya Budi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Diperoleh simpulan bahwa siswa melakukan kesalahan berdasarkan prosedur Newman yaitu kesalahan (reading) dengan penyebab kurangnya pemahaman dalam konsep besar nominal bilangan dan tidak dapat mengambil informasi dari gambar yang ada pada soal dan kesalahan memahami masalah (comprehension) dengan penyebab tidak terbiasa dengan jenis soal yang diberikan, kesalahan transformasi (transformation) dengan penyebab tidak mampu mengubah kalimat kedalam bentuk bahasa matematika, kesalahan keterampilan proses (Skill Process) dengan penyebab tidak menguasai konsep operasi aljabar, kesalahan penulisan jawaban (encoding) dengan penyebab tidak terbiasa menyimpulkan jawaban untuk permasalahan yang ada pada soal. Beberapa solusi untuk meminimalkan kesalahan yang dilakukan siswa tersebut dengan melakukan penguatan kembali terhadap materi serta penguasaan operasi aljabar dan kemampuan dalam menafsirkan kalimat bahasa sehari-hari menjadi model matematika. Sehingga implementasinya guru dapat memberikan rancangan pembelajaran yang menekankan kepada letak kesalahan siswa dan siswa dapat mengetahui letak kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisi Kesalahan; Newman's Error Analysis; Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Widia Nurbaeti Inayah
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:21
Last Modified: 05 Jul 2019 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21479

Actions (login required)

View Item View Item