Penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Metaphorical Thinking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa: penelitian kuasi eksperimen pada salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung

Fauzianty, Yulia (2019) Penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Metaphorical Thinking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa: penelitian kuasi eksperimen pada salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (843kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Yulia Fauzianty. “Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Salah Satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap siswa yang memperoleh pengajaran dengan menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel yaitu kelas MIA 1 (Matematika dan Ilmu Alam), dan IIS 1 (Ilmu-Ilmu Sosial). Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal berpikir kritis matematis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Peningkatan berpikir kritis matematis kelas Metaphorical Thinking dan kelas konvensional dikategorikan sedang; (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap siswa yang memperoleh pengajaran dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (c) Kesulitan pada beberapa permasalahan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara memberikan permasalahan nonrutin dengan tipe yang sama. Pembelajaran Metaphorical Thinking melibatkan proses interaksi, temuan, gagasan, dan proses reflektif sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metaphorical Thinking; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: YULIA FAUZIANTY
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:36
Last Modified: 05 Jul 2019 07:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21471

Actions (login required)

View Item View Item