Optimalisasi program semaan Al-Qur'an dalam meningkatkan kualitas hapalan santri: di Rumah Qur'an UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nurazizah, Sipa (2019) Optimalisasi program semaan Al-Qur'an dalam meningkatkan kualitas hapalan santri: di Rumah Qur'an UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy

Abstract

Al-Quran selain dibaca dan ditadabburi juga sangat dianjurkan untuk dihapalkan. Menghapal Alquran adalah suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji. Sebab yang menghapalkan alquran diakui sebagai hamba yang ahlullah, yaitu menjadi keluarga Allah SWT di muka bumi. Dari judul skripsi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, Perencanaan Optimalisasi Program Semaan Al-Quran untuk meningkatkan Kualitas Hapalan Santri di Rumah Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dua Pelaksanaan Optimalisasi Program Semaan Al-Quran untuk meningkatkan kualitas hapalan santri di Rumah Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan ketiga, mengetahui hasil Optimalisasi Program Semaan Al-Quran untuk meningkatkan kualitas hapalan santri. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori POAC (Planing, Organizing, Actuating, Controlling) Teori ini merupakan teori dari George R. Terry. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Sumber dan jenis data berupa data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah informasi langsung dari Drs.KH. Asep Mustafa kamal, M.Ag. Data sekuder diperoleh melalui buku- buku karya ilmiah, hasil pemikiran- pemikiran para ahli yang mengkaji tentang semaan Al-Quran. Teknik Pengambilan data meliputi: Observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yakni menggambarkan dan melukiskan penelitian berdasarkan fakta- fakta di Rumah Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung.Maka yang di deskrifikan adalah Program Semaan Al-quran beserta santri yang ada di lembaga tersebut. Hasil dari pembahasan:Pertama,Perencanaan Optimalisasi Program Semaan Al-Quran untuk meningkatkan kualitas hapalan santri di Rumah quran di rencanakan atau dirancang oleh pimpinan rumah Quran, Pelaksanaan Program Semaan yang dilaksanakan oleh santri Rumah Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung terbagi kedalam 3 kategori,sebagai berikut:a, Semaan sepekan sekali(delapan peserta/2 juz) b, Semaan partneran(berpasang- pasangan/1 juz) c, semaan satu semester dua kali/30 juz) ketiga, Hasil Optimalisasi Program Semaan Al-Quran untuk meningkatkan kualitas hapalan santri di Rumah Quran UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Berdasarkan hasil penelitian penyusun, bahwa program semaantersebut telah berhasil terlaksana. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Optimalisasi Program Semaan Al-Quran dalam meningkatkan kualitas hapalan santri berhasil diterapkan melalui Planning, Organizing, Actuating dan Controlling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi; semaan al-qur'an; kualitas hafalan santri;
Subjects: General Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Sipa Nurazizah
Date Deposited: 04 Jul 2019 03:29
Last Modified: 04 Jul 2019 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21437

Actions (login required)

View Item View Item