Bimbingan keagamaan untuk membina akhlak warga binaan:Penelitian di Lembaga pemasyarakatan kelas I tingkat pidana umum Sukamiskin Bandung

Fatwa, Islah Rofih (2019) Bimbingan keagamaan untuk membina akhlak warga binaan:Penelitian di Lembaga pemasyarakatan kelas I tingkat pidana umum Sukamiskin Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin Bandung memiliki sifat kasar, keras dan kurang pemahamannya terhadap agama. Pembinaan akhlak merupakan faktor yang sangat penting bagi setiap orang, terutama warga binaan. Sehingga diperlukan layanan bimbingan keagamaan untuk warga binaan agar memiliki akhlak yang mulia. Berdasarkan latar belakang tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui program bimbingan keagamaan, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan, serta untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari bimbingan keagamaan tersebut. Bimbingan keagamaan merupakan proses pemberian bantuan secara terus menerus kepada individu atau kelompok orang yang mengalami permasalahan baik jasmani maupun rohani, sehingga orang tersebut mampu mengatasi permasalahan dalam hidup, sehingga bisa hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT. Warga binaan adalah orang yang telah dinyatakan bersalah karena mereka melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum serta norma-norma seperti pencurian, pembunuhan, perampokan dan hal anarkis lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Selanjutnya menggunakan metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa program bimbingan keagamaan memiliki beberapa komponen, yaitu rasional, visi dan misi, deskripsi kebutuhan, tujuan program, rencana oprasional atau rancangan program, sasaran program, personil pelaksana program, media dan alat penukung, serta evaluasi, sehingga program bimbingan keagamaan menjadi dasar layanan bimbingan keagamaan. Dan menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan yang dilakukan oleh pembimbing rohani terbukti efektif dari perubahan perilaku warga binaan yang semakin baik. hal ini terlihat dari perubahan warga binaan rajin melaksanakan shalat lima waktu, bacaan al-Qur’an semakin baik, bertutur kata baik serta melaksanakan shalat sunnah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan;Akhlak;Warga Binaan
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Islah Rofih Fatwa
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:40
Last Modified: 05 Jul 2019 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21368

Actions (login required)

View Item View Item