Respon masyarakat terhadap pendidikan tingkat Taman Kanak-kanak (TK): Penelitian di Cisaranten Kulon Kecamatan Arcamanik

Fauziah, Irna Nurhasanah (2017) Respon masyarakat terhadap pendidikan tingkat Taman Kanak-kanak (TK): Penelitian di Cisaranten Kulon Kecamatan Arcamanik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar isi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Tingkat pendidikan mempunyai tujuan untuk membangun kemandirian masyarakat. Melalui beberapa aspek yang dimana pendidikan tingkat TK mempunyai peran aktif dalam membentuk kepribadian anak. Ada beberapa permasalahan yang berusaha di ungkap oleh peneliti, yakni Bagaimana Keberlangsungan Pendidikan tingkat TK, Bagaimana Respon Masyarakat terhadap pendidikan tingkat TK, dan Apa Upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan TK di TK Cisaranten Kulon Kota Bandung. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Keberlangsungan Pendidikan tingkat TK, Respon Masyarakat terhadap pendidikan tingkat TK, dan Upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan TK di TK Cisaranten Kulon Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Tallcot Parson (stuktural fungsional). Yang dimana teori ini mempunyai kecocokan dengan respon masyrakat terhadap pendidikan tingkat TK. Fungsionalisme melihat masyarakat masyarakat sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu dengan lainya. Jika menginginkan suatu sitem dalam masyrakat agar tetap bertahan, maka harus ada empat fungsi yang mutlak dibutuhkan bagi sistem sosial, yaitu adaptation (A), goal attainment (G), intergration (I), dan laten parttern maintenance (L). dan apabila satu sistem tidak berjalan dengan semestinya maka sistem yang lainya pun tidak akan berjalan dengan semestinya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif dengan data Kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan terhadap objek kajian yang diteliti. Dengan metode penelitian ini di harapkan mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik. Selain itu, juga memberikan kemudahan bagi peneliti dalam menjalankan proses penelitian yang akan dijalankan dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian, Respon Masyarakat terhadap pendidikan tingkat taman kanak-kanak menuai Respon positif dari masyarakat sekitar. Hal ini terlihat dari: Pertama, Meningkatnya tingkat pendidikan khususnya taman kanak-kanak di wilayah Cisaranten Kulon. Kedua, Meningkatnya Kesejahteraan pemilik Yayasan atau Taman Kanak-kanak. Ketiga, peran Pemerintah sangat baik karena Pemerintah ikut andil dalam Pembangunan Taman kanak-kanak khususnya terhadap Infrastruktur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: irna nurhasanah fauziah
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:26
Last Modified: 02 Jul 2019 07:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21310

Actions (login required)

View Item View Item