Layanan bimbingan kelompok untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini: Penelitian di PAUD Nurul Islam jl. Manisi No. 7 Cibiru Bandung

Danawati, Katrin (2019) Layanan bimbingan kelompok untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini: Penelitian di PAUD Nurul Islam jl. Manisi No. 7 Cibiru Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Kecerdasan interpersonal ialah kecerdasan yang berhubungan langsung dengan lingkungan baik itu lingkungan sekolah, lingkungan rumah maupun lingkungan sosial. Kecerdasan ini merupakan kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk merespon orang yang berada disekitarnya secara positif dengan memiliki beberapa aspek yaitu empati, bersikap ramah, berkomunikasi dan bekerjasama. Tujuan bimbingan kelompok dalam perkembangan kecerdasan anak yaitu sebagai sarana bagi pengajar agar tidak terasa membosankan dan tidak terlalu kaku dalam penyampaian materi di kelas, karena anak-anak biasanya lebih cepat bosan dalam belajar apabila pendidik menggunakan metode penyampaian yang kaku dan formal, bimbingan kelompok pun dapat dijadikan sarana sebagai pendorong perkembangan kecerdasan interpersonal anak. Pemilihan teori dalam penelitian ini menggunakan teori multiple intelligence dari Gardner yang mengatakan bahwa setiap manusia unik dan memiliki kecerdasan yang berbeda, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru (wali kelas A), kepala sekolah dan siswa kelas A. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok yang dapat digunakan dalam proses belajar untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak yaitu dengan menggunakan latihan, games dan sosiodrama. Latihan, games dan sosiodrama digunakan sebagiam metode dalam mengembangkan kecerdasan anak, penggunaannya dengan mengangkat tema tertentu sehingga kecerdasan interpersonala anak dapat berkembang dengan lingkungan sekolah maupun lingkungan sosialnya. ENGLISH: Interpersonal intelligence is intelligence that is directly related to the environment both the school environment, home environment and social environment. This intelligence is the ability possessed by children to respond to people who are around it positively by having several aspects, namely empathy, being friendly, communicating and collaborating. The purpose of group guidance in the development of children's intelligence is as a means for teachers to not feel boring and not too rigid in delivering material in class, because children are usually bored faster in learning if educators use rigid and formal delivery methods, group guidance can used as a means to encourage the development of interpersonal intelligence of children. The choice of theory in this study uses the theory of multiple intelligence from Gardner which says that every human being is unique and has a different intelligence. This research is a qualitative descriptive study. The subjects of this study were teachers (guardians of class A), principals and class A students. Data collection techniques in this study were observation, interviews and documentation. Data analysis techniques in this study use data reduction, data display, and conclusion. The results showed that group guidance services that can be used in the learning process to develop children's interpersonal intelligence by using exercises, games and sociodrama. Exercises, games and sociodramas are used as methods in developing children's intelligence, their use by raising certain themes so that children's interpersonal intelligence can develop with the school environment and social environment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Kecerdasan Interpersonal; Anak Usia Dini
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: katrin danawati ririn
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:53
Last Modified: 01 Jul 2019 03:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21285

Actions (login required)

View Item View Item