Pengaruh penerapan Metode Pembiasaan dan Metode Reward and Punishment menjelang pembelajaran Agama Islam terhadap karakter peserta didik: Penelitian terhadap peserta didik Kelas XI di SMAN 2 Cianjur

Khodijah, Neneng Fauziah (2015) Pengaruh penerapan Metode Pembiasaan dan Metode Reward and Punishment menjelang pembelajaran Agama Islam terhadap karakter peserta didik: Penelitian terhadap peserta didik Kelas XI di SMAN 2 Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DaftarIsi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Metode pembiasaan adalah sebuah metode atau suatu cara yang dilakukan oleh pendidik dengan memberikan latihan-latihan atau tugas-tugas kepada peserta didik terhadap suatu perbuatan tertentu yang bertujuan agar peserta didik menemukan prinsip-prinsip atau konsep yang dapat merubah karakternya kepada yang lebih baik, hal ini ditunjang dengan diterapkannya reward and punishment dalam proses pembelajaran disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembiasaan terhadap karakter peserta didik di SMAN 2 Cianjur, untuk mengetahui pengaruh penerapan metode reward and punishment terhadap karakter peserta didik di SMAN 2 Cianjur, untuk mengetahui pengaruh metode pembiasaan dan metode reward and punishment, dan untuk mengetahui hubungan antara metode pembiasaan dan metode reward and punishment. Kerangka pemikiran dari penelitian ini bahwa metode pembiasaan adalah upaya praktis dalam pembinaan dan pembentukan karkter peserta didik, Hal ini karena hasil dari pembiasaan yang dilakukan oleh peserta didik adalah terciptanya suatu kebiasaan bagi peserta didik, dari tingkah laku tertentu yang sifatnya otomatis, tanpa direncanakan terlebih dahulu, dan berlaku begitu saja tanpa dipikirkan lagi, yang bertujuan agar peserta didik terbiasa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan untuk meningkatkan perubahan karakter ke yang lebih baik yang ditunjang oleh reward and punishment dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis dan survey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh metode pembiasaan menjelang pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik adalah signifikan yaitu sebesar 6,40%, pengaruh metode reward and punishment adalah signifikan sebesar 22,5%, serta pengaruh penerapan metode pembiasaan dan reward and punishment terhadap karakter peserta didik adalah signifikan sebesar 99,9% dan hubungan antara metode pembiasaan dengan metode reward and punishment adalah sangat kuat yakni sebesar 0,988. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan untuk menggunakan metode pembiasaan dalam pembelajaran serta untuk guru memperhatikan cara atau metode dalam proses pembelajaran agar karakter peserta didik dalam pembelajaran pendidikan Agama islam perubahannya meningkat lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Reward and Punishment; Metode Pembelajaran; Metode Pembiasaan; Karakter Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Jajang Burhanudin
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:53
Last Modified: 11 Jan 2022 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item