Implementasi metode fuzzy C-Mean untuk klasterisasi daerah rawan kecelakaan: Studi kasus Kota Bandung

Ahmad, Ahmad (2019) Implementasi metode fuzzy C-Mean untuk klasterisasi daerah rawan kecelakaan: Studi kasus Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada setiap tahunnya selalu berada pada angka yang sangat tinggi. Besarnya jumlah kecelakaan lalu lintas tersebut berbanding terbalik dengan penyebaran informasinya. Saat ini, informasi yang tersedia tidak menjelaskan secara spesifik tentang titik-titik daerah rawan kecelakaan yang ada, dikarenakan data yang tersedia hanya mengkalkulasi jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi belum mengelompokkan data-data tersebut menjadi titik-titik rawan kecelakaan. Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan metode Fuzzy C-Means ke dalam sebuah sistem yang dapat mengelompokan data kecelakaan lalu lintas menjadi titik-titik daerah rawan kecelakaan dan menampilkan hasilnya berupa peta daerah rawan kecelakaan. Metode pengembangan perangakat lunak yang digunakan yaitu Prototype. Data yang digunakan merupakan laporan harian kecelakaan lalu lintas pada tiga tahun terakhir (2015-2017) yang berasal dari Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung. Hasil dari penelitian ini didapatkan sebuah sistem yang mampu mengelompokkan data kecelakaan lalu lintas menjadi tiga kelompok, yaitu: tingkat kerawanan rendah dengan 117 titik rawan, tingkat kerawanan sedang dengan 50 titik rawan, tingkat kerawanan tinggi dengan 8 titik rawan dan hasil pengelompokan tersebut dapat ditampilkan berupa peta daerah rawan kecelakaan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Daerah Rawan; Kecelakaan Lalu Lintas; Fuzzy C-Mean; Klastering;
Subjects: Special Computer Methods
Special Computer Methods > Programming for Computer Graphics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Ahmad Ahmad
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:13
Last Modified: 28 Jun 2019 02:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21203

Actions (login required)

View Item View Item