Pandangan Ibnu Hajar Al-Asqalani dan Fatima Mernissi tentang Hadis Shahih yang dianggap Misoginis : penelitian terhadap Hadis Shahih yang dianggap Misoginis

Purnama, Muhtar Algi (2018) Pandangan Ibnu Hajar Al-Asqalani dan Fatima Mernissi tentang Hadis Shahih yang dianggap Misoginis : penelitian terhadap Hadis Shahih yang dianggap Misoginis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Muhtar Algi Purnama: Pandangan Ibnu Hajar Al-Asqalani dan Fatima Mernissi Tentang Hadis yang dianggap Misoginis. Sebelum datangnya Islam wanita sangat direndahkan bahkan dibenci ketika mendengar bahwa ada kelahiran seorang anak wanita. Namun, setelah datangnya islam wanita disamaratakan derajatnya. Tetapi ada hadis-hadis yang menurut kaum feminis hadis-hadis tersebut mengandung menyudutkan kaum wanita diantaranya “mayoritas penghuni neraka adalah wanita, pemimpin tidak boleh seorang wanita dan lain sebagainya. Lalu bagaimana pandangan Ibnu Hajar dan Fatima Mernissi terhadap hadis-hadis yang dianggap Misoginis tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah benar hadis-hadis yang dianggap misoginis itu benar merendahkan wanita atau hanya sebuah tuduhan semata. Hadis-hadis yang nanti penulis akan paparkan tidak lepas dari hadis shahih. Ketika masyarakat melihat sebuah hadis yang shahih mereka tidak lagi kritis terhadap hadis tersebut. Padahal banyak sekali permasalahan-permasalahan hadis shahih terutama dalam hal gender. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif tentang hadis yang dianggap misoginis. Dengan jenis data kualitatif, sumber data tidak lepas dari kitab Fathul Bari, Buku Wanita Dalam Islam dan kitab atau buku lain yang mendukung. Temuan yang penulis temukan dalam penelitian ada beberapa perbedaan dalam hal pembahasan sebuah hadis. Ibnu Hajar sangat detail dalam menjelaskan isi kandungan matan dan rawinya sehingga penjelasan Ibnu Hajar menurut hemat penulis tidak adanya unsur menyudutkan wanita. Akan tetapi, Ibnu Hajar tidak menjelaskan siapa dan bagaimana kehidupan dan sikap masing-masing perawi. Berbeda dengan Fatima Mernissi, beliau sangat mengkritik Abu Hurairah dan perawi pertama jika ada hadis yang berkaitan tentang wanita (misoginis). Beliau langsung mencari tentang siapa sebenarnya perawi pertama yang mengabarkan hadis yang bernuansa misoginis itu apa, siapa dan bagaimana kehidupannya dan keturunannya. Seperti halnya Abu Bakrah, beliau langsung mencari latar belakang Abu Bakrah berasal dari keturunan mana dan bagaimana sebenarnya sikap kebenaran beliau dalam mengabarkan sebuah hadis. Pada akhirnya tidak ada satupun hadis misoginis, yang ada hanyalah pemahaman misoginis terhadap hadis terkecuali hadis palsu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Misoginis; Wanita; Fathul Bari; Fatima Mernissi; Ibnu hajar;
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Dirayah/Ilmu tentang Keotentikan Hadits
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kumpulan Hadits Bukhari
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kritik terhadap Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: muhtar algi
Date Deposited: 26 Jun 2019 06:33
Last Modified: 26 Jun 2019 06:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21169

Actions (login required)

View Item View Item