Pengaruh inventory turn over dan total assets turn over terhadap current ratio pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII):studi di PT. Semen Indonesia (PERSERO) Tbk. Periode 2008-2017

Ramadhani, Suci (2019) Pengaruh inventory turn over dan total assets turn over terhadap current ratio pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII):studi di PT. Semen Indonesia (PERSERO) Tbk. Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover1.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.docx.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pemilkiran bahwa inventory turn over dan total assets turn over berpengaruh terhadap current ratio di PT. Semen Indonesia Tbk. Hal tersebut semakin diperkuat dengan melihat data laporan keuangan PT. Semen Indonesia Tbk. yang telah dan diaudit dan dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia dan pihak perusahaan dalam website resminya. Current ratio merupakan salah satu ratio likuidiitas dimana merupakan salah satu alat ukur seberapa besar kemampuan perusahaan untuk membayar hutangnya saat jatuh tempo yang diduga dipengaruhi oleh inventory turn over dan total assets turn over yang merupakan rasio aktivitas dimana mengelola aktiva perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inventory turn over terhadap current ratio, seberapa besar pengaruh total assets turn over terhadap current ratio dan seberapa besar pengaruh inventory turn over dan total assets turn over secara simultan terhadap current ratio. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang mengunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan PT. Semen Indonesia Tbk. selama sepuluh tahun pada periode 2008-2017. Variabel dependen pada penelitian ini adalah curren ratio (Y) dan variabel independennya yaitu inventory turn over (X1) dan total assets turn over (X2) yang menggunakan proksi kas turn over. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif (analisis regresi, analisis korelasi, analisis determinasi, uji t, uji F). Dengan didukung pula oleh program SPSS For Windows Versi 25.0. Hasil menunjukkan bahwa tidak dapat pengaruh signifikan antara inventory turn over dibuktikan oleh hasil uji t serta besar koefisien determinasi sebesar 30,6%. Pada variabel total asset turn over pun sama, tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap current ratio yang dibuktikan oleh uji t serta besar koefisien determinasi sebesar 67,7%. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan yang dibuktikan oleh uji F serta koefesien determinasi sebesar 73,13%. Hasil penelitian ini selaras dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Ratna Dewi (2016).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inventory Turn Over; Total Assets Turn Over; Current Ratio
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: suci ramadhani
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:24
Last Modified: 03 Jul 2019 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21166

Actions (login required)

View Item View Item