Efektivitas insektisida ekstrak daun sirsak (Annona muricata L) dalam pengendalian hama ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman kedelai (Glycine max L) varietas Burangrang

Al Gifari, Sofyan (2019) Efektivitas insektisida ekstrak daun sirsak (Annona muricata L) dalam pengendalian hama ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman kedelai (Glycine max L) varietas Burangrang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Produksi tanaman kedelai di Indonesia masih belum memenuhi kebutuhan dalam negeri. Selama lima tahun terakhir Indonesia hanya mampu menghasilkan kurang dari satu juta ton produksi kedelai yang tercatat dari tahun 2013 sampai 2017. Salah satu faktor terhambatanya produksi kedelai di Indonesia adalah serangan hama dan penyakit. Ulat grayak (Spodoptera litura) merupakan salah satu hama penting pada tanaman kedelai yang dapat menurunkan hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun sirsak dalam menekan serangan ulat grayak pada tanaman kedelai varietas Burangrang. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Praktikum Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dari Mei sampai September 2018. Metode yang digunakan adalah metode experimental terbagi menjadi dua rancangan. Rancangan pertama untuk uji pendahuluan berupa Rancangan Acak Lengkap nonfaktorial (RAL) dengan 7 perlakuan. (kontrol,5 ml L-1, 10 ml L-1, 15 ml L-1, 20 ml L-1, 25 ml L-1, dan ml L-1 dan rancangan kedua berupa Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang acuan konsentrasinya didapat dari hasil uji pendahuluan dan terdapat 7 perlakuan. (Kontrol, 25 ml L-1, 30 ml L-1, 35 ml L-1, 40 ml L-1, 45 ml L-1, dan 50 ml L-1. Hasil penelitian menunjukkan pada konsentrasi pestisida nabati ekstrak daun sirsak 40ml/L berpengaruh nyata terhadap mortalitas dan kerusakan tanaman dan tidak berpengaruh nyata pada parameter kerontokan bunga, jumlah polong, dan berat polong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kedelai; pestisida nabati ekstrak daun sirsak; Ulat grayak;
Subjects: Farm, Farming
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Sofyan Pian al gifari
Date Deposited: 20 Jun 2019 02:27
Last Modified: 20 Jun 2019 02:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21009

Actions (login required)

View Item View Item