Manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren: Studi kasus di Pondok Pesantrean Al-Ikhlas Kecamatan Solokanjeruk Bandung

Syafi'i, Imam (2018) Manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren: Studi kasus di Pondok Pesantrean Al-Ikhlas Kecamatan Solokanjeruk Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Pondok Pesantren Al-Ikhlas Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung yang terletak di Jalan Sastra Kampung Bendungan Telur Rt 01/08 Desa Bojong Emas Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung, santri di Pondok Pesantren ini sekitar 470 orang dan menjadi pondok pesantren paling banyak santrinya di antara pondok yang ada di Kecamatan Solokanjeruk. Manajemen pembelajaran di pondok pesantren hanya berlangsung alamiah. Manajemen pembelajaran yang diterapkan di pondok pesantren yang pada faktanya adalah pondok pesantren yang masih menjaga tradisi salafiyyah serta belum secara detail menerapkan pola manajemen pembelajaran dengan sistematis.Sejak berdiri terus berusaha agar mampu mempersiapkan generasi muda calon pemimpin umat dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan tuntutan masyarakat. Untuk dapat mencapai visi, misi dan tujuan banyak upaya yang dilakukan Pondok Pesantren sehingga dalam pelaksanaan banyak melibatkan unsur juga kegiatan yang membutuhkan manajemen yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Program pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,pengawasan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Terhadap perkembangan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Beberapa teoti manajemen yang dapat digunakan untuk megetahui bagaimana manajemen Pondok Pesantren Al-Ikhlas yang perlu dianalisi mengenai komponen utama pondok pesantren yaitu program pembelajaran, pengorganisasian pembelajarn, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran terhadap perkembangan pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara ( interview). dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi data penafsiran data. Adapun uji absah data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, cek teman sejawat, analisis kasus negatif, kecukupan referensi, uraian rinci dan auditing. Berdasarkan hasil penelitian mengenai manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren AL-Ikhlas, menunjukan bahwa manajemen pesantren sudah berjalan dengan manager utamanya adalah para ustadz. Namun demikian dalam pelaksanaannya di bantu oleh pengurus sesuai dengan porsi, tugas dan tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian Pondok Pesantren telah melakukan manajerial yang baik walaupun belum ideal. Dengan keinginan kuat dan semangat memajukan sistem pendidikan kepesantrenan, maka manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Ikhlas dapat berubah dari salafi masih dapat direkomandasikan menjadi pembelajaran moderen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Pondok Pesantren
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Imam Syafi'i
Date Deposited: 18 Jun 2019 07:04
Last Modified: 22 Feb 2022 00:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20969

Actions (login required)

View Item View Item