Implementasi kebijakan peraturan Bupati Purwakarta No 69 tahun 2015 tentang pendidikan berkarakter: Studi deskriptif tentang aturan jam sekolah di kabupaten Purwakarta

Adawiyah, Nurmilah (2019) Implementasi kebijakan peraturan Bupati Purwakarta No 69 tahun 2015 tentang pendidikan berkarakter: Studi deskriptif tentang aturan jam sekolah di kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB (1).pdf

Download (814kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB (5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang berjudul “Implementasi Kebijakan Peratutan Bupati Purwakarta No 69 Tahun 2015 tentang Pendidikan Berkarakter ( Studi Deskriptif pada aturan jam sekolah di Kabupaten Purwakarta) ”. Latar belakang yang mendasari tulisan skripsi ini adalah adanya keluhankeluhan dari orang tua yang tidak sempat menyiapkan bekal makan untuk anaknya lantaran masuk terlalu pagi. Selain itu masih banyaknya siswa dan guru yang datang terlambat tidak mematuhi aturan kebijakan. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis, mengkaji dan mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Bupati mengenai aturan jam sekolah dilakukan. Dalam pengukuran variable implementasi kebijakan penulis menggunakan teori menurut Georce Edward III meliputi komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik mengumpulkan data dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam, setudi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles and Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan kebijakan aturan jam sekolah pada pukul 06.00 belum tepat dilaksanakan apalagi melihat keluhankeluhan dari para penerima kebijakan. Karena suatu kebijakan akan tercapai dengan maksimal apabila penerima kebijakan dapat menerima dan melaksanannya dengan baik. Kebijakan aturan jam sekolah ini dikatakan belum efektif karena kurangnya pengawasan dari pihak Dinas Pendidikan terhadap sekolah-sekolah apalagi yang lingkungan sekolahnya cukup jauh dengan lokasi Dinas Pendidikan sehingga pengawasan pun tidak terkontrol dengan baik dengan begitu menimbulkan siswa-siswa yang tidak taat aturan seperti datang ke sekolah masih terlambat. Diharapkan kepada pengawas kebijakan seperti kepala sekolah di masing-masing sekolah melakukan fungsi pengawasan dengan benar sehingga tidak ada lagi siswa yang datang terlambat. siswa dan para orang tua sebagai kelompok sasaran kebijakan Pendidikan Berkarakter dapat melaksanakan kebijakan sesuai aturan yang telah ditetapkan sehingga tujuan kebijakan tercapai dengan melahirkan siswa siswa Purwakarta yang berkarakter. ENGLISH This paper is the result of a study with entitled “ Implementation of Purwakarta Regent Regulation No. 69 of 2015 concerning Character Education ( Descriptive study on the rules of school hours in Purwakarta Regency)”. This paper discusses of complaints from parents who did not have time to prepare meals for their children because the school hours were too early. Many students and teachers who arrive late are not in accordance with policy rules. The purpose of this study is to analyse, to study and find out the implementation of the Regents Regulations regarding school hours rules. In measuring the policy implementation variables the author uses theory by Georgi Edward III which includes communications, resources, disposition, bureaucratic structure. The reseach method used is qualitative reaseach using data collection techniques by direct observation, in-depth interviews, literature study and documentations, interesting conclusions. The results of the study show that the school rule policy at 06.00 a.m. has not been properly implemented seen from the complains of the recipients of the policy. A policy will be achivied maximally if the recipients of te policy can receive and implement it properly. The school hours policy is said to be ineffective because of the lack of supervision by the education office on schools especially those whose schools are quite far from the location of the education office so that supervision is not well controlled thus giving up rules such as coming to school it is too late. It is expected that policy supervisors such as principals in each school will carry out the supervisory function properly so that no more students arrive late. Students and parents as target groups of character educatin policies can implement policies according to estabilished rules so that policy objectives are achived by giving birth to students of purwakarta character with character.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan; pendidikan berkarakter; aturan jam sekolah; Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga;
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: mila nurmilah adawiyah
Date Deposited: 12 Jun 2019 06:56
Last Modified: 12 Jun 2019 06:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20867

Actions (login required)

View Item View Item