Efektivitas pelayanan pemberian izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bandung Barat Tahun 2018

Masitoh, Masitoh (2019) Efektivitas pelayanan pemberian izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bandung Barat Tahun 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang efektivitas pelayanan pemberian lzin mendirikan bangunan penting untuk dilakukan, dikarenakan masyarakat sebagai orang yang mendapat layanan, belum merasa puas dengan baik dari segi waktu, prosedur dan mutu pelayanan yang selama ini diberikan serta kurangnya sosialisasi tentang IMB dari aparat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bandung Barat selaku abdi negara dan abdi masyarakat yang belum merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelayanan pemberian izin mendirikan bangunan, serta faktor pendukung dan penghambatnya efektivitas pelayanan pemeberian izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas dari Indra wijaya 1989 (Tepat waktu,tepat kualitas, tepat kuantitas) dan teori Zeithaml 2011 (berwujud, kehandalan, tanggapan, jaminan, empati). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah model interaktif yang dikembangkan Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian data mengenai Efektivitas Pelayanan pemberian Izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bandung Barat, menunjukan bahwa efektivitas pelayanan sudah berjalan dengan baik tetapi belum optimal. Faktor penghambat efektivitas pelayanan ini adalah kurangnya sosialisasi yang diberikan pihak dinas kepada masyarakat, kurangnya sarana prasarana, kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang handal dalam penggunaan alat bantu yang tersedia di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bandung Barat. Untuk menangani faktor-faktor penghambat tersebut maka petugas aparatur sebaiknya melakukan peningkatan pemahaman SDM tentang efektivitas pelayanan dengan mengikuti pelatihan kerja guna tercapainya tujuan pelayanan yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pelayanan; Izin Mendirikan Bangunan;
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Masitoh Masitoh
Date Deposited: 29 May 2019 07:18
Last Modified: 29 May 2019 07:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20794

Actions (login required)

View Item View Item