Pendidikan karakter peserta didik melalui keteladanan guru dan religious culture: Penelitian di MTs Al-Hidayah Ibun Kabupaten Bandung

Nurlaela, Faridla (2018) Pendidikan karakter peserta didik melalui keteladanan guru dan religious culture: Penelitian di MTs Al-Hidayah Ibun Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ BAB 1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa kekerasan terhadap guru, kekerasan terhadap peserta didik dan perilaku tercela lainnya yang dilakukan oleh pendidik ataupun peserta didik menunjukan adanya penyimpangan perilaku dalam dunia pendidikan sehingga diperlukan tindakan untuk menanggulanginya yaitu dengan pendidikan karakter. Karakter peserta didik dapat dibangun melalui penanaman nilai-nilai karakter yaitu pengajaran, pembiasaan, peneladanan, pemotivasian dan penegakan aturan, maka keteladanan guru dan pembiasaan keagamaan dalam kontek religious culture memiliki makna dalam proses pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Tujuan pendidikan karakter yang dikembangkan; 2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui keteladanan guru dan religious culture; 3). Hasil pelaksanaan pendidikan karakter melalui keteladanan guru dan religious culture; 4) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter melalui keteladanan guru dan religious culture. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian difokuskan di MTs Al-Hidayah Ibun Kabupaten Bandung. Subjek penelitian yaitu Kepala madrasah, Wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan kesiswaan, Guru, dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memilah jawaban, data-data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Penelitian ini dapat menemukan bahwa 1) tujuan dari Pendidikan karakter yang dikembangkan yaitu membentuk peserta didik yang religius, jujur, tanggung jawab, cerdas, bersih, disiplin, nasionalisme, peduli dan kreatif yang didasarkan pada visi dan misi madrasah; 2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui keteladanan guru dan religious culture yaitu dengan pembiasaan akhlak mulia 5 S (Senyum, Salam, sapa, sopan, santun), pembiasaan shalat dhuha, shalat dzuhur berjamaah, dan shalat jumat berjamaah, pembinaan keputrian bagi putri, berdoa sebelum dan sesudah belajar, pembacaan Asmaul Husna dan tadarus Al-Quran, Peringatan Hari Besar Islam, menjaga kebersihan lingkungan (kegiatan bakti sosial), kegiatan ektrakulikuler keagamaan, menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah dan pembiasaan disiplin yang didukung dengan keteladanan guru; 3) Hasil pelaksanaan pendidikan karakter melalui keteladanan guru dan religious culture yaitu sudah adanya kemandirian dalam melaksanakan kegiatan dan meningkatnya prestasi akademik peserta didik; dan 4) faktor pendukung dari pendidikan karakter melalui keteladanan guru dan religious culture yaitu adanya kerjasama yang baik antara guru, tata tertib yang terkontrol, sarana dan prasarana, profesionalisme guru, adanya sanksi, visi misi, dan adanya kerjasama dengan orangtua. Faktor penghambat yaitu lingkungan rumah dan lingkungan masyarakat yang berbeda. Rekomendasi dari hasil penelitian ini yaitu harus bersinerginya antara pihak madrasah, keluarga dan masyarakat agar hasilnya maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Karakter; Keteladanan Guru; Religius Culture
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faridla Nurlaela
Date Deposited: 31 May 2019 03:01
Last Modified: 13 Jan 2022 02:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20778

Actions (login required)

View Item View Item