Peran zikir Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: Studi penelitian deskriptif di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Sukabumi

Adawiyah, Witri Rabiatul (2019) Peran zikir Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: Studi penelitian deskriptif di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Siswa dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelajar perlu adanya motivasi. Motivasi bagi manusia merupakan bagian terpenting mencapai kebutuhan dan dorongan meraih cita-cita. Seseorang akan belajar dengan efektif apabila keadaan mental seseorang dalam keadaan sehat dan memiliki ketenangan jiwa. Ketenangan jiwa diperoleh diantaranya dengan berzikir kepada Allah Swt sehingga akan mempermudah seseorang untuk memahami pelajaran yang diajarkan. Ketika jiwa siswa tidak tenang maka motivasi menjadi turun sehingga belajarpun ikut menurun. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan peranan zikir tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses zikir tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah, gambaran motivasi belajar siswa serta peranan zikir tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah yaitu observasi dengan jenis bservasi partisipatif atau participation observation; wawancara yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, terbuka dan mendalam serta teknik dokumentasi sebagai pelengkap dari penggunaan metode observasi dan wawancara dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penggambaran motivasi belajar berdasar pada teori McClleand, seseorang yang memiliki motivasi berprestasi dicirikan dengan pertama, keinginan akan keadaan yang menyebabkan seseorang dapat bertanggung jawab secara pribadi. Kedua, kecenderungan menentukan sasaran-sasaran yang pantas (sedang) dan memperhitungkan resikonya. Ketiga, Keinginan untuk mendapakan umpan balik yang jelas atas kinerja. Sedangkan untuk zikir menggunakan teori dari manfaat berzikir menurut Malik bin Dinar, yang menyebutkan bahwa manfaat berzikir itu diantaranya adalah pertama, zikir dapat mendatangkan rida Allah; kedua, zikir dapat menjaga diri dari setan; ketiga, zikir dapat melenturkan hati; keempat, zikir dapat menambah gairah dalam ketaatan; kelima, zikir dapat mencegah dari perbuatan-perbuatan maksiat. Penelitian menunjukkan bahwa proses zikir dilakukan tidak hanya dilakukan di sekolah namun juga diluar sekolah. Siswa mampu memeragakan dan mengetahui bacaan-bacaan zikir jahr maupun khofi namun tidak adanya rabithah dan pentalqinan, siswa-siswi MA Darul Ihsan memiliki motivasi belajar yang bermacam-macam diantaranya tinggi, sedang dan rendah, adanya zikir TQN mampu meningkatkan motivasi belajar pada siswa seperti mengerjakan tugas secara mandiri, memiliki jadwal belajar di rumah, dapat mengerjakan tugas tepat waktu, menerapkan sistem reward dan punishment terhadap diri, memiliki keinginan untuk mendapatkkan feedback atas kinerjanya baik dari guru maupun teman sebayanya. Peran zikir TQN dalam meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi MA Darul Ihsan berperan menciptakan kedisiplinan, menciptakan ketenangan dalam belajar, menjadi sarana untuk dekat dengan-nya, sebagai pengendali emosi, sebagai pengontrol dalam suatu perbuatan, sebagai sarana bersyukur atas nikmat dan semangat menghormati guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zikir Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah; Motivasi Belajar; Siswa
Subjects: Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Islam > Sufi Ethics
Education > Ethical Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Witri Rabiatul Adawiyah
Date Deposited: 29 May 2019 04:10
Last Modified: 29 May 2019 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20760

Actions (login required)

View Item View Item