Pedidikan Enterpreuneur melalui kemitraan antara Pesantren dengan Kemenperindag: Studi kasus usaha Batu Alam pada Pondok Pesantren Al-Hikmah Bobos Dukupuntang Cirebon

H. Maslani, H. Maslani and Suntiah, Ratu and Birnadi, Suryaman and Hayati, Tuti (2013) Pedidikan Enterpreuneur melalui kemitraan antara Pesantren dengan Kemenperindag: Studi kasus usaha Batu Alam pada Pondok Pesantren Al-Hikmah Bobos Dukupuntang Cirebon. LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ENTERPREUNEUR)
COVER.pdf - Presentation

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar -Daftar Lampiran.pdf - Presentation

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - V + Daftar Pustaka.pdf - Presentation

Download (611kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini beranjak bahwa pondok pesantren yang tersebar di berbagai pelosok di Indonesia merupakan sumber daya yang sangat potensial dalam pengembangan ekonomi. Pondok pesantren seharusnya dapat berfungsi sebagai motivator untuk pembangunan ekonomi. Akan tetapi, alumni pesantren kebanyakan kurang memahaminya, sehingga banyak alumni pesantren hidupnya serba kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang latar belakang keikutsertaan para santri pada pendidikan entrepreuneur, sistem dan pengaruhnya, pengelolaan santri peserta didik, hasil dan dampak langsung bagi santri peserta didik dan faktor-faktor pendorong dan penghambat santri dalam mengikuti dan mengembangkan ilmu dan keterampilan entrepreuneur. Penelitian ini bertolak dari pemikiran Meredith bahwa wirausaha adalah orang yang mampu mengantisipasi peluang usaha, mengelola sumber daya guna mendapatkan keuntungan dan bertindak dengan tepat. Oleh karena itu, dalam rangka melatih kecerdasan berwirausaha santri, Pondok Pesantren Al-Hikmah Bobos telah mengadakan kerjasama dengan Kemenperindag Cirebon bidang entrepreuneur perbatuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif naturalistik. Dengan metode ini, penulis dapat mengetahui realitas dari situasi yang satu ke situasi yang lainnya, sehingga pada akhirnya penulis mampu memberikan makna yang menyeluruh. Temuan penelitian ini, bagi santri peserta didik pendidikan entrepreuneur adalah, pada umumnya mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang memproduksi batu alam dan pemasarannya. Dampaknya adalah tumbuhnya rasa percaya diri di kalangan para santri dalam menghadapi masa depan. Faktor pendorong antara lain, cukup tersedianya bahan baku, usia yang relatif masih muda, adanya political will dari pemerintah dalam bantuan hardware dan soft ware. Faktor penghambatnya antara lain, sulitnya mencari bapak angkat sebagai mitra usaha, kurang dan sulitnya informasi tentang peluang untuk pengembangan usaha, tidak adanya kesadaran untuk membentuk “kelompok kerja” atau “kelompok usaha” di kalangan alumni pesantren. Simpulannya,keikutsertaan santri pada pendidikan entrepreuneur bidang perbatuan pada umumnya karena motivasi yang kuat untuk menjadi pengusaha atau pekerja dalam bidang perbatuan.. Adapun pengelolaannya,santri yang menjadi peserta didik, dikelola secara bersama antara Pondok Pesantren Al-Hikmah Bobos dengan Kemenperindag Cirebon.

Item Type: Other
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Andi Ruswandi, S.Pd.I
Date Deposited: 30 May 2019 18:07
Last Modified: 30 May 2019 18:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20708

Actions (login required)

View Item View Item