Studi komparatif hasil belajar kognitif mata pelajaran Al-Quran Hadis antara santri tahfidz dan non tahfidz: Penelitian pada santri kelas VIII Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang

Damayanti, Anisa Resti (2019) Studi komparatif hasil belajar kognitif mata pelajaran Al-Quran Hadis antara santri tahfidz dan non tahfidz: Penelitian pada santri kelas VIII Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan penulis terhadap program khusus tahfidz di Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha. Namun tidak semua santri dapat mengikuti program khusus tahfidz. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Al-Quran Hadis, pada kenyataannya hasil belajar kognitif mata pelajaran Al-Quran Hadis tidak selalu didominasi oleh santri tahfidz saja, karena terkadang santri non tahfidz mendapatkan hasil belajar kognitif lebih baik daripada santri tahfidz. Adanya perbandingan tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) realitas hasil belajar kognitif santri tahfidz Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha pada mata pelajaran Al-Quran Hadis; (2) realitas hasil belajar kognitif santri non tahfidz Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha pada mata pelajaran Al-Quran Hadis; (3) realitas perbandingan hasil belajar kognitif santri Pondok Pesantren Modern Al-Aqsha pada mata pelajaran Al-Quran Hadis antara santri tahfidz dan non tahfidz. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif santri dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya lingkungan dan aktifitas. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif santri tahfidz dan non tahfidz pada mata pelajaran al-Quran Hadis. Untuk membuktikannya apabila Xhitung ≤ Xtabel maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif santri tahfidz dan non tahfidz pada mata pelajaran Al-Quran Hadis. Sebaliknya jika Xhitung ≥ Xtabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif santri tahfidz dan non tahfidz pada mata pelajaran Al-Quran Hadis. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif. Alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, tes, dan studi dokumen. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan teknik analisis komparatif dan menguji hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data maka diketahui: (1) realitas hasil belajar kognitif santri tahfidz ditunjukkan dengan nilai rata-rata 64 yang berada pada kelas interval 60-69 dengan predikat cukup; (2) realitas hasil belajar kognitif santri non tahfidz ditunjukkan dengan nilai rata-rata 54,43 yang berada pada kelas interval 50-59 dengan predikat kurang; (3) realitas perbandingan hasil belajar kognitif antara santri tahfidz dan non tahfidz pada mata pelajaran Al-Quran Hadis tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan Hal ini dibuktikan dengan cara uji t dengan membandingkan thitung dan ttabel dengan signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan yang telah diperoleh, nilai thitung = 2,45 ≤ nilai ttabel = 41,3. Maka ho diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif tidak terbukti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komparatif; Kognitif; Tahfidz;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: anisa resti damayanti
Date Deposited: 24 May 2019 07:56
Last Modified: 24 May 2019 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20640

Actions (login required)

View Item View Item