"Layanan Konseling Individu untuk mengatasi Kesulitan Belajar Spesifik Materi Keislaman pada Anak Berkebutuhan Khusus: Penelitian di Sekolah Dasar Laboratorium UPI Cibiru"

Trijayanti, Dewi (2019) "Layanan Konseling Individu untuk mengatasi Kesulitan Belajar Spesifik Materi Keislaman pada Anak Berkebutuhan Khusus: Penelitian di Sekolah Dasar Laboratorium UPI Cibiru". Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1__cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2__abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3__daftar isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4__bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5__bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6__bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7__bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8__daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy

Abstract

Prinsip dasar Bimbingan dan Konseling Islam adalah membantu siswa yang mengalami kesulitan mengenai permasalahannya, salah satunnya mengenai anak yang kesulitan dalam memahami materi keislaman sehari-hari seperti ibadah aqidah, akhlak dan fiqh. konseling individu adalah kunci dari semua kegiatan bimbingan dan konseling. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sekolah dasar Laboratorium UPI Cibiru menyediakan program layanan konseling individu untuk membantu penyelesaikan masalah anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik materi keislaman.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pertama kompetensi konselor yang ada di sekolah dasar lab UPI, kedua karakteristik ABK kesulitan belajar spesifik, dan ketiga layanan konseling individu untuk mengatasi kesulitan belajar spesifik materi keislaman pada Anak Berkebutuhan Khusus di sekolah dasar laboratorium UPI. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan layak di setiap sekolah negeri maupun swasta tanpa membedakan kelainan yang ada pada diri anak tersebut. Oleh karena itu anak yang berkatagori di luar rata-rata atau di bawah rata-rata memiliki kesempatan yang memadai untuk bekembang sesuai dengan kapasitasnya. Dari sini muncul permasalahan yang dinamakan kesulitan belajar. Layanan konseling berkebutuhan khusus adalah layanan secara khusus dan pelakuan khusus dari pada umumnya. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dikarenakan masalah yang diteliti perlu dilukiskan secara sistematis dan factual dengan menggambarkan keadaan atau status fenomena. Hasil layanan konseling individu untuk mengatasi kesulitan belajar spesifik pada ABK di sekolah dasar lab UPI adalah: pertama,kompetensi konselor yang harus dikuasai yaitu kompetensi pedagogik, sosial, profesional, dan kepribadian . kedua, Karakteristik anak kesulitan belajar spesifik materi keislaman ABK, itu terletak pada kemampuan persepsinya yang rendah, kesulitan menulis (Disgraphia), kesulitan membaca (Disleksia), kesulitan mengemukakan pendapat,mudah lupa, kesulitan membedakan konsep matematika, kesulitan dalam mengenal konsep halal-haram,tidak mengerti gerakan sholat,dan menghilangkan kata saat membaca. Ketiga Hasil layanan konseling individu untuk mengatasi kesulitan belajar spesifik materi keislaman pada ABK yaitu anak kesulitan belajar spesifik sudah dapat menulis bahasa arab, membaca bacaan sholat dan mengetahui konsep yang di diperbolehkan agama dan yang dilarang oleh agama, munculnya keinginan untuk terus belajar menulis bahasa Arab maupun tulisan biasa, dan membaca bacaan sholat maupun cerita-cerita Islami. Tingkat keberhasilan ini didukung oleh pihak-pihak lain seperti kepala sekolah, orang tua ,wali kelas, dan yang paling utama adalah konselor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Kesulitan Belajar Spesifik; Materi Keislaman
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: dewi trijayanti
Date Deposited: 27 May 2019 02:17
Last Modified: 27 May 2019 02:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20604

Actions (login required)

View Item View Item