Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap pengembalian dana hibah dalam akad tabarru' di PT Prudential Syariah Cabang Majalengka

Permana, Rully Nuriman (2019) Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap pengembalian dana hibah dalam akad tabarru' di PT Prudential Syariah Cabang Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kegiatan Pengembalian dana hibah dalam akad tabarru’ di PT. Prudential Syariah Cabang Majalengka. Bahwasanya pengembalian dana hibah ini menimbulkan dinamika hukum pada kalangan ulama yang tidak memperkenankan meminta kembali sesuatu yang telah dihibahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengembalian dana hibah dalam akad tabarru’ di PT. Prudential Syariah serta untuk mengetahui status pengembalian dana dana hibah dalam akad tabarru’ di PT. Prudential Syariah ditinjau dalam Hukum Ekonomi Syariah. Dasar pemikiran tentang akad tabarru’ dan hibah dalam penelitian ini berlandaskan pada Al-Qur’an, Hadits tentang perintah memberi, serta Hadits tentang larangan meminta kembali sesuatu yang telah dihibahkan, serta dalam Fatwa DSN-MUI Nomor: 81/DSN-MUI/III/2011 tentang pengembalian dana hibah bagi peserta asuransi yang berhenti sebelum perjanjian berakhir. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif agar dapat menggambarkan apa yang terjadi dilapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kepada tempat penelitian, wawancara dengan para pihak yang terkait dalam penelitian ini, studi dokumentasi, studi pustaka, Jurnal, serta internet. Pelaksanaan pengembalian dana hibah dalam akad tabarru’ ini melalui beberapa tahapan, sisa dana tabarru’ disalurkan antara lain : pertama masuk kedalam dana tabarru’ itu sendiri, kedua kepada pihak perusahaan sebagai pengelola, dan ketiga dikembalikan kepada para peserta asuransi itu sendiri. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembalian akad tabarru’ ini tidak tersirat secara tegas dalam hadits dan pendapat ulama empat madzhab tetapi aturan tentang pengembalian dana hibah ini terdapat pada Fatwa DSN-MUI Nomor: 81/DSN-MUI/III/2011 tentang pengembalian dana hibah bagi peserta asuransi yang berhenti sebelum perjanjian berakhir, bahwa wakil boleh membuat ketentuan-ketentuan dalam akad tabarru’ di asuransi syariah, maka dengan demikian pengembalian dana hibah dalam akad tabarru’ di PT Prudential Syariah Cabang Majalengka sesuai dengan ketentuan-ketentuan Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabarru';Prudential Syariah; Asuransi Syariah; Hibah;
Subjects: Insurance > Old Age, Death, Illness, Injury Insurance
Insurance > Insurance in Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rully Nuriman Permana
Date Deposited: 22 May 2019 03:47
Last Modified: 22 May 2019 03:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20537

Actions (login required)

View Item View Item