Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti dalam penanaman karakter siswa: Studi komparasi di SMKN I Cihampelas dan SMK Fajar Kencana Batujajar Kab. Bandung Barat

Ghofur, Mochamad Abdul (2018) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti dalam penanaman karakter siswa: Studi komparasi di SMKN I Cihampelas dan SMK Fajar Kencana Batujajar Kab. Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_AbstrakK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya layanan pendidikan berbasis kejuruan tersebut menawarkan berbagai macam Strategi Pembelajaran. Startegi yang ditawarkan masing-masing juga mempunyai keunggulan dan kelemahannya serta daya tarik sendiri untuk para peminatnya. Penelitian ini hendak memetakan strategi pembelajaran yang beragam tersebut. Sehingga dalam menjalankan konsep-konsep pendidikan tersebut seorang guru haruslah memiliki strategi yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan suatu pembelajaran yang berimplementasi pada pembentukan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tetang: (1) Strategi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMKN 1 Cihampelas dan SMK Fajar Kencana Kab. Bandung Barat, (2) Pelaksanaan strategi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMKN 1 Cihampelas dan SMK Fajar Kencana Kab. Bandung Barat, (3) Hasil dari penerapan strategi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMKN 1 Cihampelas dan SMK Fajar Kencana Kab. Bandung Barat, (4) Perbedaan penerapan strategi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMKN 1 Cihampelas dan SMK Fajar Kencana Kab. Bandung Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Dick dan Carey (1985) yang dikutip oleh Suparman (1993:155) strategi pembelajaran menjelaskan komponen-komponen umum dari suatu set bahan pembelajaran dan prosedur-prosedur yang akan digunakan bersama bahan-bahan tersebut untuk menghasilkan hasil belajar tertentu pada siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMKN I Cihampelas dan SMK Fajar Kencana Kab. Bandung Barat adalah Direct, indirect, interactive, dan experiental learning, dan strategi pembelajaran mandiri, (2) Pelaksanaan Strategi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMKN I Cihampelas dan SMK Fajar Kencana Kab. Bandung Barat dengan melakukan langkah-langkah: Mengidentifikasi, menetukan Strategi Pembelajaran, membuat RPP, Mempersiapkan media yang digunakan, melakukan, Melakukan evaluasi. (3) Hasil penggunaan strategi pembelajaran terlihat dan teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari para siswa, mendpatkan pengetahuan yang telah dipelajari, dirasakan oleh siswa dari hasil pengetahuan tersebut kemudian mengamalkan dengan sesuatu yang baik. (4) Strategi yang sering digunakan oleh guru PAI dan Budi Pekerti di SMK Fajar Kencana adalah strategi pembelajaran secara tidak langsung, dalam hal ini guru PAI dan Budi Pekerti SMK Fajar Kencana lebih banyak menerangkan materi pembelajaran berdasarkan teacher center. ENGLISH: This research is motivated by the many vocational-based education services and each of these educational institutions offers a variety of learning strategies. The strategies offered by each also have their advantages and disadvantages as well as their own attractiveness for their interested ones. This study aims to map these diverse learning strategies. So that, in carrying out these educational concepts a teacher must have a strategy that can be used to achieve the goals of a learning that implements character formation. The purpose of this study was to analyze the following: (1) PAIBP learning strategies in culvating the character of students in SMK 1 Cihampelas and SMK Fajar Kencana Kab. Bandung Barat, (2) Implementation of PAIBP learning strategies in planting character of students in SMK 1 Cihampelas and SMK Fajar Kencana Kab. Bandung Barat, (3) The results of the application of Pekerti PAIBP learning strategies in cultivating character of students in SMK 1 Cihampelas and SMK Fajar Kencana Kab. Bandung Barat, (4) Differences in the application of PAIBP learning strategies in cultivating character of students in SMK 1 Cihampelas and SMK Fajar Kencana Kab. Bandung Barat. The theory used in this study is Dick's theory and Carey (1985) quoted by Suparman (1993: 155) learning strategies explain the general components of a set of learning materials and procedures that will be used with these materials to produce results specific learning in students. The data collecting techniques are observation, interview, and documentation. The collected data is then analyzed by a triangulation technique. The results of this study indicate that: (1) PAIBP learning strategies in cultivating character of students in Cihampelas State Vocational High School and Fajar Kencana Vocational School, Kab. Bandung Barat is Direct, indirect, interactive, and experiential learning, and self-learning strategies, (2) Implementation of Pekerti's PAIBP learning strategy in the culvating of students' characters in Cihampelas State Vocational High School and Fajar Kencana Vocational School Departement. Bandung Barat by carrying out steps: Identifying, determining Learning Strategies, making RPP, Preparing media used, doing, Evaluating. (3) The results of the use of learning strategies are seen and applied in the daily lives of students, getting the knowledge that has been learned, felt by students from the results of the knowledge and then practice it with something good. (4) Strategies that are often used by PAIBP teachers at Fajar Kencana Vocational School are indirect learning strategies, in this case, the PAIBP teachers of SMK Fajar Kencana explain more about PAIBP learning material based on the teacher center.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pembelajaran; PAI
Subjects: Education and Research of History
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochamad Abdul Ghofur
Date Deposited: 21 May 2019 07:09
Last Modified: 12 Jan 2022 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20531

Actions (login required)

View Item View Item