Analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli buah mangga dengan sistem borongan di Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan

Fazlurrahman, Muhammad Zacky (2019) Analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli buah mangga dengan sistem borongan di Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli buah mangga secara borongan di Kecamatan Cigugur Kuningan, dimana tengkulak membeli buah ke petani secara borongan pada pohonnya dengan taksiran oleh tengkulak, ketika buah sudah mendekati waktu matang maka tengkulak datang untuk membeli dalam keadaan pohon sesuai dengan akad diawal, kadang buah dipohon bisa berbuah banyak dengan kondisi bagus sehingga menguntungkan tengkulak dan cenderung merugikan petani, tetapi juga buah bisa dalam keadaan kurang bagus sehingga menimbulkan kerugian bagi tengkulak sehingga menimbulkan unsur ketidakpastian dan mengandung gharar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses jual beli mangga secara borongan di Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan dan pandangan hukum ekonomi syariah terhadap pkaktek jual beli bororang buah mangga di Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa segala bentuk transaksi muamalah dibolehkan kecuali ada dalil yang mengharamkannya dan Islam mengajarkan dalam sistem ekonomi ummatnya, didasarkan pada nilai-nilai keadilan yang harus ditegakkan, dan menjadi prinsip pokok untuk melakukan kegiatan ekonomi. Setiap kegiatan ekonomi harus mengandung unsur manfaat serta tidak melakukan penganiayaan terhadap dirinya dan orang lain serta tidak boleh mengandung unsur ketidak pastian (gharar), sehingga kegiatan ekonomi dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat secara merata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meteode deskriptif, metode ini penulis dapat mendeskripsikan atau memberikan gambaran tentang suatu satuan analisis secara utuh sebagai suatu kesatuan yang terintegrasi. Jenis data pada penelitian ini adalah jenis data klualitatif dengan metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan jual beli buah mangga dengan sistem borongan di kecamatan cigugur kabupaten kuningan dimulai dengan menawarkan harga kepada calon pembeli,sampai melakukan akad ijab dan kabul, yang kedua status hukum jual beli dengan sistem borongan di Kecamatan Cigugur, pembeli (tengkulak) yang menggunakan sistem borongan hanya dengan alasan karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat tidak bisa dijadikan hukum dibolehkanya sistem borongan, apabila merugikan petani dan unsur keridhoannya tidak terpenuhi, maka transaksi barulah sah apabila didasarkan kepada keridhaan kedua belah pihak. Dan yang ketiga apabila jual beli tersebut kadar ghararnya tergolong ringan dan tidak mungkin dilepas darinya kecuali dengan susah serta merupakan jual beli yang dibutuhkan oleh orang banyak, maka jual beli yang mengandung gharar tersebut dikecualikan dari hukum asalnya dan diperbolehkan menurut hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; Sistem Borongan; Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: zacky fazlur
Date Deposited: 20 May 2019 04:41
Last Modified: 20 May 2019 04:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20459

Actions (login required)

View Item View Item