Subrogasi dalam pembiayaan murabahah dalam perspektif hukum ekonomi Syariah di PT Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Surade-Jampangkulon

Paturahman, Egi (2019) Subrogasi dalam pembiayaan murabahah dalam perspektif hukum ekonomi Syariah di PT Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Surade-Jampangkulon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

PT BSM KCP Surade-Jampangkulon dalam menyalurkan pembiayaannya mewajibkan kepada nasabahnya untuk memberikan asset yang dapat dijadikan jaminan dalam mengajukkan pembiayaannya. Mayoritas nasabahnya menggunakan jaminan kebendaan yang diikat menjadi Hak Tanggungan yang bukan milik sendiri (pihak ketiga), masalah yang akan penulis teliti adalah bagamana kedudukan hukum dalam penggunaan jaminan pihak ketiga di PT Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Surade-Jampangkulon, bagaimana penyelesaian perselisihan dalam penggunaan jaminan pihak ketiga, bagaimana hubungan antara Fatwa DSN-MUI/X/2016 Tentang Subrogasi Berdasarkan Prinsip Syariah dengan Perselisihan antara Nasabah dengan Bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bagaimana kedudukan hukum dalam penggunaan jaminan pihak ketiga di PT Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Surade-Jampangkulon, bagaimana penyelesaian perselisihan dalam penggunaan jaminan pihak ketiga, bagaimana hubungan antara Fatwa DSN-MUI/X/2016 Tentang Subrogasi Berdasarkan Prinsip Syariah dengan Perselisihan antara Nasabah dengan Bank. Pembiayaan murabahah dengan menggunakan jaminan milik pihak ketiga merupakan pembiayaan yang sering terjadi PT BSM KCP Surade-Jampangkulon, murabahah merupakan akad jual beli pada harga asal dengan tambahan keuntungan, sedangkan pengguaan jaminan pihak ketiga adalah nasabah yang melakukan pembiayaan yang menggunakan jaminann pihak ketiga untuk mendapatkan pembiayaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mendapatkan data dari sumber primer. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpukan data yaitu melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sedangkan metode analisanya menggunakan metode deskriptif analisis yaitu dengan menggambarkan sesuatu berdasarkan data yang diperoleh dari PT Bank Syariah Mandiri KCP Surade-Jampangkulon. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat nasabah yang wanprestasi akibat menggunakan jaminan Hak Tanggungan milik pihak ketiga yang keputusan terakhirnya bank akan melelang hak tanggungannya untuk memenuhi kewajiban dari nasabah tersebut, si pemberi kuasa Hak Tanggungan (pihak ketiga) menjadi subrogasi demi undang-undang karena pihak ketiga memiliki kaitan dalam perjanjian nasabah dengan bank pada saat pengikatan hak tanggungan dan akad pembiayaan dilakukan, dalam prakteknya BSM Surade-Jampangkulon, sudah menerapkan subrogasi berdasarkan syarat Islam, karena mengacu kepada Fatwa No 104/DSN-MUI/X/2016 Tentang Subrogasi Berdasarkan Prinsip Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Subrogasi; Jaminan; Hak Tanggunan;
Subjects: Law > Conflict of Law
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: egi egi paturahman
Date Deposited: 17 May 2019 07:56
Last Modified: 17 May 2019 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20410

Actions (login required)

View Item View Item