Peran komunitas literasi dalam menanggulangi kenakalan remaja: Penelitian di Kelurahan Cicurug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi

Firmansyah, Feri (2019) Peran komunitas literasi dalam menanggulangi kenakalan remaja: Penelitian di Kelurahan Cicurug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Kenakalan remaja merupakan perilaku yang menyimpang dilakukan oleh kalangan remaja, perilaku ini biasanya identik dengan hal-hal yang negatif yang biasa dilakukan oleh anak-anak muda dan biasanya dengan teman sebayanya. Kenakalan remaja yang terjadi di Kelurahan Cicurug yaitu kurangnya perhatian dan pengawasan dari orangtua, kurangnya sarana waktu senggang, pengaruh perkembangan tekhnologi, dan pengaruh teman sebaya yang keliru. Peran yang dilakukan oleh komunitas literasi taman baca Cicurug dalam menanggulangi kenakalan remaja di Kelurahan Cicurug yaitu melalui tindakan pencegahan dan tindakan pemulihan dengan beberapa kegiatan-kegiatan pelatihan minat dan bakat, membaca, dan sosialisasi pencegahan kenakalan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk kenakalan remaja di Kelurahan Cicurug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. (2) Faktor penyebab kenakalan remaja di Kelurahan Cicurug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. (3) Peran Komunitas Literasi Cicurug dalam menanggulangi kenakalan remaja di Kelurahan Cicurug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan Teori Kontrol Sosial Travis Hirschi. Teori kontrol sosial atau pengendalian sosial merupakan pisau analisis mengenai penyimpangan, bahwa penyimpangan merupakan hasil dari kekosongan kontrol atau pengendalian sosial. Semakin kuat hubungan individu dengan masyarakat, semakin efektiflah pengendalian individu tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang merupakan jenis data kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisa, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Data dihasilkan berdasarkan pengumpulan data primer dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, selain itu dilengkapi juga dengan data sekunder berupa referensi dalam bentuk buku-buku yang relevan dengan tema penelitian untuk mendukung data di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kenakalan remaja yang terjadi di Kelurahan Cicurug antara lain tawuran, minum-minuman keras, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, merokok, geng motor dan menonton video porno. Faktor penyebab kenakalan remaja di Kelurahan Cicurug yaitu kurangnya perhatian dan pengawasan dari orangtua, kurangnya sarana waktu senggang, pengaruh perkembangan tekhnologi, dan pengaruh teman sebaya yang keliru. Adapun peran yang dilakukan komunitas literasi dalam menanggulangi kenakalan remaja di Kelurahan Cicurug merupakan bentuk kontrol sosial atau pengendalian sosial oleh komunitas literasi. Upaya tersebut melalui tindakan preventif dan kuratif. Tindakan pencegahan melalui: penyuluhan dan sosialisasi serta taman bacaan. Kemudian tindakan pemulihan melalui kegiatan pelatihan hobi, minat dan bakat. Adapun kegiatan lainnya melalui lapakan buku rutinan yang diselenggarakan setiap akhir pekan, road to school, jamboo (jamming pay with book), Cicurug bersih-bersih, serta agenda tahunan festival dan ulang tahun komunitas literasi taman baca Cicurug.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peran komunitas literasi; menanggulangi; kenakalan remaja;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Social Process > Social Control
Social Process > Social Norms
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Feri Firmansyah feri
Date Deposited: 17 May 2019 07:09
Last Modified: 17 May 2019 07:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item