Hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa anak usia dini : penelitian di kelompok B RA Al-Wafi kecamatan Panyileukan kota Bandung

Dewi, Arum Kusuma (2018) Hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa anak usia dini : penelitian di kelompok B RA Al-Wafi kecamatan Panyileukan kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan, terdapat beberapa permasalahan yang terkait dengan penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa yaitu banyaknya orangtua yang mengandalkan gadget untuk membuat anaknya menjadi “anteng” atau tidak rewel. Penggunaan gadget pada anak-anak seringkali dilakukan tanpa pengawasan dari orangtua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) realitas penggunaan gadget; 2) realitas perkembangan bahasa anak usia dini; 3) hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa anak usia dini di kelompok B RA AL – Wafi Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Perkembangan bahasa anak usia dini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya penggunaan gadget. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi penggunaan gadget semakin tinggi pula perkembangan bahasa anak usia dini, demikian pula sebaliknya. Sedangkan untuk perkembangan bahasa difokuskan pada aspek strategi dalam memperoleh bahasa, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa dan tahap perkembangan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelompok B di RA Al-Wafi Kecamatan Panyileukan Kota Bandung yang berjumlah 48 orang pada Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yang berarti teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui wawancara/bercakap-cakap dan observasi. Hasil perhitungan pada variabel X diperoleh nilai rata-rata sebesar 1,76. Nilai tersebut berada pada interval 1,1 – 2,0 dengan kategori cukup. Sedangkan, pada variabel Y diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,66. Nilai tersebut berada pada interval 2,1 – 3,0 dengan kategori baik. Hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa anak usia dini diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,08. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori sangat lemah karena berada pada interval 0,000 – 0,199. Hasil uji signifikasi diperoleh harga thitung = 0,54 lebih kecil dari harga ttabel = 2,012. Artinya Ho diterima, dengan kata lain tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa anak usia dini. Adapun besarnya kontribusi/pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak usia dini hanya 0,64%. Hal ini menunjukkan bahwa 99,36% perkembangan bahasa anak usia dini dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gadget; Perkembangan Bahasa; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Mrs Arum Kusuma Dewi
Date Deposited: 13 May 2019 07:06
Last Modified: 16 May 2019 03:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20286

Actions (login required)

View Item View Item