Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan net sales terhadap Earning After Tax (EAT) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Aneka Tambang (Antam) Tbk Periode 2001-2017

Latifah, Latifah (2019) Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan net sales terhadap Earning After Tax (EAT) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Aneka Tambang (Antam) Tbk Periode 2001-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan suatu perusahaan dalam hal ini PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, dalam memperoleh laba. Untuk mengetahui seberapa besar laba yang perusahaaan peroleh ialah dengan melihat hasil dari selisih pendapatan dan beban. Semakin besar pendapatan yang diperoleh perusahaan maka semakin besar pula laba yang diperoleh perusahaan, akan tetapi hal itu bisa terjadi ketika manajemen mampu meminimalisir biaya-biaya selama kegiatan operasional berlangsung. Untuk mengetahui ukuran suatu perusahaan dapat digunakan analisis keuangan melalui Net Working Capital (NWC) dan Net Sales untuk dapat dikaji lebih jauh seberapa besar pengaruhnya terhadap laba Earning After Tax (EAT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Net Working Capital (X1) dan Net Sales (X2) terhadap Earning After Tax (EAT) (Y) secara parsial dan secara simultan pada PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, Periode 2001-2017. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah merujuk kepada beberapa hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi nilai Net Working Capital (NWC) dan Net Sales, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Earning After Tax (EAT). Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda, dan uji f. Didukung oleh SPSS For Windows Versi 20 dimana data yang digunakan adalah data laporan keuangan PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, Periode 2001-2017. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan (1) perhitungan uji t menunjukan besarnya thitung < ttabel ( 0.457 < 1.761 ) dengan nilai signifikan 0.654. maka Ho diterima Ha ditolak yang artinya terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan antara Net Working Capital (NWC) terhadap Earning After Tax (EAT) pada PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk. (2) perhitungan uji t menunjukan besarnya thitung < ttabel ( 1.613 < 1.761 ) dengan nilai signifikan 0.128. maka Ho diterima Ha ditolak yang artinya terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan antara Net Sales (X2) terhadap Earning After Tax (EAT) pada PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk. (3) Berdasarkan uji F menunjukan bahwa fhitung < ftabel ( 1.417 < 3.81 ) dengan nilai signifikan 0.275. maka Ho diterima Ha ditolak yang artinya terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan antara Net Working Capital (NWC) dan Net Sales terhadap Earning After Tax (EAT) pada PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Working Capital (NWC); Net Sales; Earning After Tax (EAT);
Subjects: Financial Economics, Finance
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: LATIFAH Laty Nurleha
Date Deposited: 13 May 2019 04:10
Last Modified: 13 May 2019 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20245

Actions (login required)

View Item View Item