Media sosial dan kepribadian remaja: Analisis peran media sosial Whatsapp dan Youtube dalam pembentukan kepribadian sufistik siswa-siswi MAN 2 Kota Bandung

Laili, Faiqohtul (2019) Media sosial dan kepribadian remaja: Analisis peran media sosial Whatsapp dan Youtube dalam pembentukan kepribadian sufistik siswa-siswi MAN 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Pengguna media sosial di era sekarang mendatangkan banyak dampak, salah satunya adalah terhadap pembentukan kepribadian terhadap remaja. Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Alzahrani dan Bach melaporkan bahwa dampak dari media sosial yang mempengaruhi pembentukan kepribadian seseorang. Media sosial dapat memperkuat perilaku dalam pencarian popularitas kemudian media sosial dijadikan sebagai budaya popularitas dan mempunyai standar penampilan yang tidak realistis. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Mengetahui keistimewaan media sosial Whatsapp dan Youtube yang digunakan oleh siswa-siswi di MAN 2 kota Bandung. 2) Menganalisis peran media sosial Whatsapp dan Youtube dalam pembentukan kepribadian siswa-siswi di MAN 2 kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data brupa observasi dan angket yang disebar pada 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji korelasi dan regresi. Studi penelitian ini dilakukan pada siswa – siswi kelas X MAN 2 kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang sangat kecil antara peran media sosial Whatsapp dan Youtube terhadap pembentukan kepribadian Sufistik. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t_hitung sebesar 1 lebih kecil dari 2,021 sehingga hipotesis nol diterima pada tingkat signifikansi 5% yang artinya bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengguna media sosial Whatsapp dan Youtube dengan kepribadian Sufistik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembentukan kepribadian Sufistik tidak dapat dipengaruhi oleh peran media sosial Whatsapp dan Youtube, karena masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian Sufistik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Kepribadian Sufistik; Remaja;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: faiqohtul laili
Date Deposited: 10 May 2019 08:17
Last Modified: 10 May 2019 08:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20238

Actions (login required)

View Item View Item