Sosialisasi kemandirian anak jalanan melalui komunitas RUBEL (Rumah Belajar): Studi kasus di Pasar Ciroyom Bandung

Sari, Hesti Ayunda (2019) Sosialisasi kemandirian anak jalanan melalui komunitas RUBEL (Rumah Belajar): Studi kasus di Pasar Ciroyom Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Hesti Ayunda Sari, 2019, Sosialisasi Kemandirian Anak Jalanan Melalui Komunitas Rubel (Rumah Belajar) Sahaja (Studi kasus terhadap anak jalanan di Pasar Ciroyom Bandung). Skripsi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin meningkatnya anak jalanan saat ini, khususnya di Pasar Ciroyom Bandung. Banyak anak jalanan yang mencari kebutuhan ekonomi, dengan cara menjadi pengamen, pengemis, pemulung dan pedagang asongan. Sehingga membuat Pemerintah berusaha andil dalam mengatasi permasalahan anak jalanan, tetapi pemerintah masih belum bisa menangani permasalahan anak jalanan ini. Sehingga diperlukan sosialisasi dari lembaga ataupun organisasi yang siap bergerak menangani permasalahan tersebut, dengan cara membuat anak jalanan bisa mandiri dan bebas dari belenggu jalanan. Hal ini sesuai visi Komunitas Rubel (Rumah Belajar) Sahaja yang berusaha mewujudkan anak yang bermasalah sosial berprilaku normatif dan mandiri agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana sosialisasi yang dilakukan oleh Komunitas Rubel dalam meningkatkan kemandirian anak jalanan di Pasar Ciroyom Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penggambaran dan menguraikan data secara sistematik. Untuk membantu pengumpulan data, maka peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis data pada penelitian ini adalah analisa data deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Teori yang digunakan dalam menganalisa sosialisasi kemandirian anak jalanan melalui komunitas rubel (Rumah Belajar) sahaja (Studi kasus terhadap anak jalanan di Pasar Ciroyom Bandung). Menggunakan teori Dramaturgi Erving Goffman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya sosialisasi kemandirian anak jalanan yang dilakukan oleh komunitas rubel di Pasar Ciroyom Bandung melalui proses bimbingan spiritual, bimbingan sosial, dan bimbingan minat. Dapat merubah kebiasaan anak jalanan yang bermasalah sosial berprilaku normatif sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi; Kemandirian; Anak Jalanan; Komunitas;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: hesti ayunda
Date Deposited: 10 May 2019 07:02
Last Modified: 10 May 2019 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20208

Actions (login required)

View Item View Item