Fenomena media sosial dalam membentuk jiwa kewirausahaan siswa sekolah menengah Islam di Kota Bandung

Tunaerah, Linda (2017) Fenomena media sosial dalam membentuk jiwa kewirausahaan siswa sekolah menengah Islam di Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

INDONESIA : Pada era globalisasi saat ini, peran teknologi yang begitu canggih mengakibatkan penambahan fungsi teknologi sebagai kebutuhan primer. Hal itu dapat dilihat dari penggunaan jaringan internet yang sangat signifikan. Di kalangan remaja, menggunakan teknologi komunikasi, seperti handphone dan internet sebagai alat praktis dan multifungsi. Yaitu untuk keperluan belajar, komunikasi, belanja online, dan hiburan atau sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas penggunaan media sosial berbasis bisnis pada para siswa sekolah menengah Islam dalam penciptaan kesadaran berwirausaha dengan aplikasi online shop. Serta mengetahui jenis media sosial untuk bisnis online yang dimanfaatkan oleh para pelajar sekolah menengah Islam di kota Bandung. Tempat penelitian dilakukan pada dua tempat, yaitu di MAN 1 dan SMA Darul Hikam, dengan alasan MAN 1 sebagai salah satu perwakilan sekolah menengah Islam negeri terbaik dan SMA Darul Hikam sebagai perwakilan salah satu sekolah menengah Islam swasta terbaik di kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Penelitian ini menjelaskan dimensi interaksi subyektif media sosial dalam membentuk jiwa kewirausahaan di sekolah menengah Islam MAN 1 dan SMA Darul Hikam kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pengguna media sosial berbasis bisnis (online shop) di sekolah menengah Islam MAN 1 dan Darul Hikam kota Bandung diterapkan sebagai fasilitas mengunggah (uploud) tugas/hasil karya siswa supaya bisa dipromosikan ke media sosial berbasis bisnis. Tujuan tersebut agar siswa mampu menerapkan fungsi media sosial untuk penciptaan kesadaran berwirausaha, diantaranya dengan promosi dan bertanggungjawab sebagai pengelola (admin) daripada aplikasi media sosial yang mereka pilih, sebagai fasilitas dalam mempromosikan hasil karya atau tugas para siswa sekolah. ENGLISH : In the current era of globalization, the role of such a sophisticated technology resulted in the addition of technological functions as a primary need. It can be seen from the use of internet network is very significant. Among adolescents, using communication technology, such as mobile phones and the Internet as a practical and multifunctional tool. That is for learning, communication, shopping online, and entertainment or information sources. This study aims to find out how the activities of the use of business-based social media on Islamic high school students in the creation of entrepreneurial awareness with online shop applications. And know the type of social media for online business that is used by high school students of Islam in the city of Bandung. The place of research was conducted in two places, namely in MAN 1 and SMA Darul Hikam, for the reason of MAN 1 as one of the representatives of the best Islamic high schools of Islam and SMA Darul Hikam as representative of one of the best private Islamic high school in Bandung. The research method used is qualitative method. This research uses Alfen Schutz phenomenology approach. This research explains the subjective interaction dimension of social media in shaping the entrepreneurial spirit in Islamic high school MAN 1 and SMA Darul Hikam city of Bandung. The result of the research shows that the users of online-based social media in Islamic high school MAN 1 and Darul Hikam city of Bandung are applied as uploud facility of student's task / work in order to be promoted to social media based business. The goal is that students are able to apply social media functions for the creation of entrepreneurial awareness, such as by promoting and being responsible as a manager (admin) rather than the social media application they choose, as a facility in promoting the work or tasks of school students.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Jiwa Kewirausahaan Siswa
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Production, Industrial Economics > Entrepreneurs
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 07 May 2019 03:36
Last Modified: 16 Feb 2022 02:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20128

Actions (login required)

View Item View Item