Sistem pendukung keputusan penentuan besaran biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Madrasah menggunakan metode Technique For Order Preferences By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS)

Asmanah, Siti (2019) Sistem pendukung keputusan penentuan besaran biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Madrasah menggunakan metode Technique For Order Preferences By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan dapat dikategorikan sebagai salah satu sarana dalam membantu madrasah atau sekolah dan tentunya telah disesuaikan dengan dana Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah. RAPBS tentunya didasarkan pada rencana pengembangan sekolah ataupun madrasah dari berbagai rencana operasional tahunan yang telah disusun demi pengembangan fasilitas atau kebutuhan untuk meningkatkan jalannya pembelajaran. Berdasarkan penelitian di atas, perlu adanya pengambilan keputusan yang tepat untuk menghasilkan sistem penentuan biaya SPP yang tepat bagi santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah. Salah satu mekanisme untuk menyelesaikan masalah ini dengan mengaplikasikan metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan TOPSIS (Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution). Solusi ideal positif pada metode ini berisi jumlah dari seluruh nilai terbaik yang dapat dicapai oleh setiap atribut, sedangkan solusi ideal negatif akan berisi seluruh nilai terburuk yang terdapat pada atribut yang ada. Sistem ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan dalam menentukan besaran biaya SPP menggunakan metode TOPSIS. Metode ini dapat merekomendasikan penentuan biaya SPP untuk madrasah pada tiap periode atau tahun ajaran dengan kriteria yang ditentukan yaitu jumlah murid, gaji guru, jumlah tunggakan, dana yayasan, infak dan biaya operasional sesuai dengan rancangan anggaran pendapatan dan belanja sekolah tempat penelitian. Jumlah nominal biaya SPP yang ditentukan pada periode berikutnya akan membutuhkan penentuan benefit atau cost terhadap kriteria. Hasilnya percobaan perhitungan sistem pendukung keputusan penentuan biaya SPP pada periode 2016 sampai periode 2018 memiliki kesesuaian dengan perhitungan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan; Sistem Pendukung Keputusan; Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution;
Subjects: Knowledge > Theory of Knowledge
Education, Research
Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Siti Asmanah
Date Deposited: 25 Apr 2019 08:56
Last Modified: 25 Apr 2019 08:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19952

Actions (login required)

View Item View Item