Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create (FSLC) dan tipe cooperative script untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP: Penelitian kuasi eksperimen pada salah satu SMP Negeri di Kecamatan Selaawi

Ningsih, Lastri Asmara Kurnia (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create (FSLC) dan tipe cooperative script untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP: Penelitian kuasi eksperimen pada salah satu SMP Negeri di Kecamatan Selaawi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI fix bgt.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I PENDAHULUAN done LASTRI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II KAJIAN PUSTAKA LASTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III done LASTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV PENUTUP done LASTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA done.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran aktivitas guru dan siswa model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dan tipe CS. (2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. (3) Perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa. (4) Sikap siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dan tipe CS. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1 Selaawi.Teknik pengambilan sampelnya menggunakan random sampling, sehingga didapat kelas VIII-B dengan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC, VIII-C dengan model pembelajaran kooperatif tipe CS, dan VIII-D dengan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes pretest dan posttest, serta nontes yaitu lembar observasi guru dan siswa, serta skala sikap siswa. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) Gambaran aktivitas guru dan siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe FSLC mengalami peningkatan dari cukup menjadi baik kemudian gambaran aktivitas guru dan siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe FSLC mengalami peningkatan dari cukup menjadi baik. (2) Terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas FSLC, CS, dan konvensional. (3) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa kelas FSLC, CS, dan konvensional. (4) Sikap siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe FSLC baik dan model pembelajaran kooperatif tipe CS baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Formulate-Share-Listen-Create (FSLC); Cooperative Script; Representasi Matematis
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:13
Last Modified: 12 Apr 2019 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19774

Actions (login required)

View Item View Item