Dampak industri mebel dalam perubahan sosial masyarakat: Studi deskriptif di Desa Mangkalaya Kecamatan Gunung Guruh Kabupaten Sukabumi

Indayanti, Dinda Destiana (2019) Dampak industri mebel dalam perubahan sosial masyarakat: Studi deskriptif di Desa Mangkalaya Kecamatan Gunung Guruh Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Industri mebel merupakan salah satu UMKM yang berkembang di Indonesia, khususnya di Desa Mangkalaya. Industri ini berdiri pada tahun 1992 dan tergolong ke dalam industri besar, karena memilliki pegawai sebanyak 1300 orang. Pembangunan sektor industri mebel juga dapat merubah kondisi kehidupan masyarakat di Desa Mangkalaya. Perubahan sosial yang terjadi di Desa Mangkalaya dikarenakan munculnya ide dan teknologi di dalam industri mebel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mekanisme perubahan sosial di masyarakat Desa Mangkalaya Kecamatan Gunung Guruh Kabupaten Sukabumi. (2) Dampak industri mebel terhadap perubahan sosial di Desa Mangkalaya Kecamatan Gunung Guruh Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan teori Gemeinschaft dan Gesselschaft Ferdinand Tonnies. Gemeinschaft adalah suatu kehidupan masyarakat komunal dan masih tradisional yang didasarkan pada hubungan keluarga yang dekat, norma-norma cinta serta pertalian keluarga dalam masyarakat. Sedangkan dibentuk dalam masyarakat industri yang modern yang didasarkan pada hubungan ekonomi, tenaga kerja, konsumsi dan pertukaran kontrak ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisa, dan mengungkapkan fenomena perubahan sosial di Desa Mangkalaya. Data ini dihasilkan dari pengumpulan data primer dengan masyarakat di Desa Mangkalaya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dilengkapi juga dengan data sekunder berupa referensi dalam bentuk buku-buku yang relevan dengan tema penelitian. Data tersebut dianalisis yaitu dengan reduksi data, yaitu merangkum dan mengambil data pokok, setelah itu display data yaitu penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun tempat penelitian ini adalah di Desa Mangkalaya Kampung Cijeruk Kecamatan Gunung Guruh Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa mekanisme perubahan sosial di Desa Mangkalaya diawali dengan adanya ide dan teknologi, yaitu. (1)Teknologi baru meningkatkan alternatif masyarakat di Desa Mangkalaya, meningkatkan interaksi manusia dengan mesin dan mengurangi frekuensi interaksi antara manusia. (2) Ide sebagai perintah perubahan merubah system masyarakat pertanian menjadi masyarakat industri serta sebagai faktor mempermudah perubahan, yakni ide mempermudah munculnya perilaku rasional dalam ekonomi dan sosial. Industri mebel berdampak pada perubahan sosial masyarakat di Desa Mangkalaya, yaitu. (1) lunturnya nilai kegotongroyongan masyarakat. (2) berubahnya mata pencaharian masyarakat dari buruh serabutan menjadi buruh pabrik. (3) berkurangnya pengangguran di Desa Mangkalaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial; Industri;
Subjects: Social Process
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Dinda Destiana
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:36
Last Modified: 11 Apr 2019 04:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19755

Actions (login required)

View Item View Item