Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Putra Muhammadiyah Daerah Garut

Musthafa, Luqman al Hakim (2013) Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Putra Muhammadiyah Daerah Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Putra Muhammadiyah Garut adalah lembaga pendidikan yang berada dan diselenggarakan oleh Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut yang memiliki komitmen untuk mewujudkan cita-cita yang tergariskan dalam visi dan misi madrasah, juga menyelaraskan tujuan kurikulernya dengan visi dan misi pesantren. Berdasarkan fenomena tersebut, Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Putra mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam menjadi mata pelajaran yang berbasis kepesantrenan dalam rangka pencapaian visi pesantren. Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Putra mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam menjadi beberapa mata pelajaran yang berbasis dan berciri khas kepesantrenan dalam program intrakurikurikuler yang dilaksanakan pada pagi hari, siang, sore, dan malam. Oleh karena itu pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Putra Muhammadiyah Garut merupakan masalah yang perlu diteliti. Penelitian ini melingkupi : kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Putra dalam aspek kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini diharapkan dapat menambah hasanah keilmuan dan bahan studi lanjutan yang relevan dengan bahan kajian pengembangan konsep pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dan diharapkan mampu memberikan kontribusi praktis terhadap lembaga pendidikan pada satuan pendidikan madrasah atau sekolah dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam serta dijadikan acuan implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah/Sekolah di Kabupaten Garut serta dapat dijadikan oleh peneliti sebagai temuan awal untuk melakukan penelitian lanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif jenis studi kasus (case studies). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis dan penafsiran data yang dugunakan dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti. Peneliti menemukan bahwa di Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Putra Muhammadiyah Daerah Garut terdapat kebijakan dalam pengembangan kurikulum; melakukan perencanaan yang meliputi perumusan tujuan, penentuan bahan pengajaran, strategi pengajaran, dan evaluasi; pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam secara terpadu pada kegiatan yang bersifat intrakurikuler dengan pendekatan monolitik dan integratif; dan evaluasi dilakukan melalui penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah, dan hasil supervisi kelas kepala madrasah. Penilaian hasil belajar dilakukan dengan menggunakan teknik test tertulis, lisan, dan praktek atau tindakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kurikulum Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Curricula > Curriculum Development
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 29 Mar 2019 09:00
Last Modified: 29 Mar 2019 09:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19580

Actions (login required)

View Item View Item