Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas pembelajaran Agama Islam

Achmad, Km Achirudin (2015) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas pembelajaran Agama Islam. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berasal dari realita masih banyaknya guru dan kepala sekolah yang belum menunjukkan sikap yang kreatif dan produktif dalam melaksanakan tugas-tugas di sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru di sekolah merupakan komponen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pembelajaran agama Islam yang efektif. Dengan demikian, efektivitas pembelajaran di sekolah diantaranya ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Oleh karena, itu eksistensi dan pertumbuhan organisasi sekolah akan lebih terjamin apabila organisasi tersebut dapat mencapai keefektifan kerja seorang kepala sekolah dan para personel yang ada di dalamnya. Penelitian ini berangkat dari asumsi bahwa efektivitas pembelajaran di SMA Bina Muda dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Maka hipotesis dalam penelitian ini; terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas pembelajaran agama Islam, terdapat pengaruh kinerja guru terhadap efektivitas pembelajaran agama Islam, terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah da kinerja guru secara simultan terhadap efektivitas pembelajaran agama Islam, dan terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas pembelajaran agama Islam, pengaruh kinerja guru terhadap efektivitas pembelajaran agama Islam, pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas pembelajaran agama Islam, dan hubungan antara kepala sekolah dengan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif analisis dengan survey, yakni studi korelasi regresi yang mengungkapkan pengaruh variabel yang diselidiki. Intensitas pengaruh itu diukur dengan menggunakan prosedur matematis dengan menyatakan koefiensi korelasi. Metode analisis deskriptif analisis dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki yang menggambarkan atau melukiskan subjek atau objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya. Hasil penelitian dari perhitungan statistik, diperoleh kesimpulan bahwa semua hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran agama Islam, kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi efektivitas pembelajaran agama Islam sebesar 11.40% dan termasuk dalam hubungan kategori rendah dengan nilai korelasi 0.338. Kinerja guru mempengaruhi efektivitas pembelajaran agama Islam sebesar 14.00% dengan nilai korelasi 0.374 termasuk kategori rendah. Kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru mempengaruhi efektivitas pembelajaran agama Islam sebesar 16.00% dengan nilai korelasi 0.604 termasuk kategori sedang. Hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru sebesar 0.604 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kinerja Guru; Efektivitas Pembelajaran Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Social Process > Leadership
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 28 Mar 2019 08:33
Last Modified: 06 May 2019 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19578

Actions (login required)

View Item View Item