Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank BNI Syariah Periode 2014-2016

Aliyudin, Pikri (2018) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank BNI Syariah Periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Profitabilitas adalah salah satu aspek penting bagi bank syariah untuk menghasilkan laba. Rasio utama profitabilitas bank syariah di antaranya Return On Assets (ROA). ROA adalah rasio yang mengukur keberhasilan manajemen dalam menghasilkan laba (SEBI No. 13/24/DPNP 2011). Terdapat banyak indikator yang menentukan nilai ROA, di antaranya Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM). FDR adalah rasio yang membandingkan jumlah pembiayaan dengan Dana Pihak Ketiga (DPK), jika FDR meningkat maka ROA meningkat, dengan syarat bahwa pembiayaan tersalurkan secara efektif. NOM adalah rasio yang digunakan untuk mengetahui kemampuan bank dalam memaksimalkan aktiva produktif untuk menghasilkan laba, jika NOM meningkat maka ROA akan meningkat. Faktanya terdapat data yang tidak sesuai dengan teori, salah satunya penurunan FDR dan NOM pada tahun 2015 triwulan ke-III, data memperlihatkan bahwa ROA pada waktu yang sama justru meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui besarnya pengaruh secara parsial FDR terhadap ROA pada PT Bank BNI Syariah periode 2014-2016; (2) mengetahui besarnya pengaruh secara parsial NOM terhadap ROA pada PT Bank BNI Syariah periode 2014-2016; (3) mengetahui besarnya pengaruh secara simultan FDR dan NOM terhadap ROA pada PT Bank BNI Syariah periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data menggunakan data sekunder dari laporan keuangan triwulan PT Bank BNI Syariah periode 2014–2016. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kepustakaan, browsing, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di antaranya uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi, analisis determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Alat pengolah data menggunakan Software IBM Statistics SPSS for Windows versi 24 dan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) FDR secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA dengan nilai thitung < ttabel yaitu -0,202 < 2,262, untuk nilai koefisien determinasi sebesar 0,5% dan sisanya 95,5% dipengaruhi faktor lain; (2) NOM secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,268 > 2,262, untuk nilai koefisien determinasi sebesar 75,5% dan sisanya 24,5% dipengaruhi faktor lain; (3) FDR dan NOM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 12,378 > 4,46, untuk nilai koefisien determinasi sebesar 75,6% dan sisanya 24,4% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR); Net Operating Margin (NOM); Return On Asset (ROA)
Subjects: Financial Economics, Finance
Administration of Economy
Accounting
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Pikri Aliyudin
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:36
Last Modified: 28 Mar 2019 03:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19565

Actions (login required)

View Item View Item