Strategi penyiaran program berita bahasa sunda pada media televisi: Studi deskriptif pada program Tanggara Pasundan di Bandung TV

Garmianti, Mia (2019) Strategi penyiaran program berita bahasa sunda pada media televisi: Studi deskriptif pada program Tanggara Pasundan di Bandung TV. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Budaya sunda yang sudah semakin ditinggalkan membuat masyarakat Sunda sendiri sudah mulai kehilangan jati dirinya sebagai orang sunda. Banyaknya kebudayaan luar yang masuk membuat budaya Sunda semakin ditinggalkan. Salah satu peran media lokal tentu sangat penting dalam melestarikan budaya daerahnya dengan memberikan tayangan-tayangan yang memiliki nilai kebudayaan yang tinggi Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penyiaran program berita bahasa sunda pada media televisi dengan mengetahui (1) penentuan segmenting (segmentasi) program Tangara Pasundan, (2) penentuan targeting (sasaran) program Tangara Pasundan, (3) menentukan positioning (posisi) program Tangara Pasundan. Penelitian ini menggunakan konsep STP (segmenting, targeting,positioning) dari kotler. Konsep yang digunakan mengacu kepada menentukan tiga tahapan yaitu menentukan segmentasi, sasaran, dan juga posisi dari sebuah program televisi. Konsep ini juga umum diterapkan pada program pemberitaan di stasiun televisi lainnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah pimpinan redaksi, produser dan reporter, penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh baik dari pustaka, wawancara, dan observasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa segmentasi program Tangara Pasundan disajikan untuk warga Bandung Raya baik itu wanita maupun pria dari usia 25 tahun hingga 50 tahun. Setelah itu sasaran dari program berita Tangara Pasundan adalah seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan dan latar belakang. Untuk posisi program Tangara Pasundan yang memiliki perbedaan sangat menonjol, menjadikan program Tangara Pasundan di Bandung TV berada di posisi diferensiasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyiaran; Tangara Pasundan; Program Berita Bahasa Sunda
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Mia Garmianti Mia Garmianti
Date Deposited: 27 Mar 2019 01:29
Last Modified: 27 Mar 2019 01:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19536

Actions (login required)

View Item View Item