Implementasi kebijakan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sumedang tahun 2011-2031 di kawasan industri Kecamatan Cimanggung

Sonjaya, Legiana Davis (2018) Implementasi kebijakan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sumedang tahun 2011-2031 di kawasan industri Kecamatan Cimanggung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Alih fungsi lahan yang terjadi di Kecamatan Cimanggung dari lahan terbuka hijau menjadi kawasan padat industri secara besar-besaran mengakibatkan, dampak negatif bagi masyarakat yang berada di sekitaran perindustrian. Contoh dampak negatif yang terjadi seperti berkurangnya daya resap air yang mengakibatkan banjir tahunan dan kemacetan. Dampak negatif yang terjadi di Kecamatan Cimanggung dikarenakan banyaknya perusahaan industri yang tidak sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sumedang tahun 2011-2031 di kawasn industri Kecamatan Cimanggung. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Donald Van Metter dan Carl Van Horn dimana ada 6 variabel yang mempengaruhi kebijakan publik, yaitu (1) ukuran dan tujuan kebijakan, (2) sumber daya, (3) karakteristik agen pelaksana, (4) sikap/kecendrungan (Disposisi) para pelaksana, (5) komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana, (6) lingkungan ekonomi, sosial dan politik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model alir dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi kebijakan tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sumedang tahun 2011-2031 di kawasan industri Kecamatan Cimanggung belum terimplementasi dengan baik dikarenakan kurang optimalnya sumber daya manusia dalam pelaksanaa kebijakan tersebut, hal ini terlihat masih adanya dampak negatif terhadap masyarakat dari hasil kebijakan tersebut dan masih sering terjadinya miskomunikasi antar organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Rencana Tata Ruang Wilayah;
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Legiana David Sonjaya
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:50
Last Modified: 21 Mar 2019 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19450

Actions (login required)

View Item View Item