Aplikasi quiz Hifdzil Quran menggunakan algoritma Levenshtein Distance

Andriana, Egi (2018) Aplikasi quiz Hifdzil Quran menggunakan algoritma Levenshtein Distance. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an sebagai pegangan hidup seseorang memberikan implikasi bahwa Al-Qur’an harus pula dihayati akan nilai-nilai Islam yang terkandung di dalamnya, agar nilai-nilai itu bisa menjadi kekuatan yang memotivasi dan mendasari kegiatan sehari-hari, dan menjadi alat perjuangan di bidang kemasyarakatan atau keilmuan. Lebih indah lagi kalau penghayatan itu meningkat atau berkembang menjadi usaha untuk meningkatkan pengkajian tafsir Al-Qur’an, bahkan berusaha menghafalkannya sebagai bagian dari ibadah. Sebab menghafal Al-Qur’an bagi orang-orang tertentu, meskipun terdiri dari 30 juz dan 114 surah, bukanlah hal yang sulit. Permasalahan yang dihadapi pada zaman sekaranag adalah kurangnya minat menghafal Al-Qur’an dan kurangnya antusias apabila disuruh menghafal sambil bergumam bersama-sama, masih banyak yang menghafal asal-asalan, sambil bercanda pada temannya, bahkan ada yang mengobrol. Demikian pula dari hasil hafalannya terutama untuk menghafal dengan artinya masih banyak siswa yang belum bisa hafal secara benar dan lancar. Salah satu penyebab utama kurangnya minat menghafal Al-Quran adalah metode dan media pembelajaran yang kurang menarik, melihat permasalahan tersebut dilakukanlah sebuah penelitian dimana hafalan Al-Quran yaitu juz 30 dikemas dalam bentuk kuis dengan inputan jawaban berupa suara dan diimplementasikan ke dalam sebuah perangkat yaitu smartphone yang berbasis android. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Levenshtein Distance. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menarik minat untuk menghafal Al-Quran dengan mengemaskan ke dalam bentuk digital. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa aplikasi ini dapat menampilkan sesuai dengan apa yang diucapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Al-Quran; Algoritma; Levenshtein Distance; Hifdzil;
Subjects: Data Processing, Computer Science
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: S.T. Egi Andriana
Date Deposited: 11 Mar 2019 01:39
Last Modified: 11 Mar 2019 01:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19292

Actions (login required)

View Item View Item