Implementasi program keagamaan Rohis melalui kajian kitab kuning dampaknya terhadap akhlak peserta didik: Penelitian di MTs Negeri 4 Bekasi

Burhanuddin, Ahmad (2018) Implementasi program keagamaan Rohis melalui kajian kitab kuning dampaknya terhadap akhlak peserta didik: Penelitian di MTs Negeri 4 Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Dalam proses kehidupan, menanamkan dan membina akhlak adalah hal yang sangat penting, dan lembaga formal seperti sekolah memiliki kewajiban untuk menanamkan akhlak kepada peserta didik. Biasanya sekolah menyediakan dua program dalam proses pembentukan akhlak yaitu intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Maka dipilihlah program keagamaan Rohis dengan materi kajian kitab kuning yang berhubungan dengan akhlak. Tujuan utama dari program ini sendiri adalah untuk menanamkan akhlak yang baik pada diri peserta didik, dan untuk mengenalkan kitab kuning kepada peserta didik agar mereka terbiasa membaca kitab kuning nantinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi (1) perencanaan, (2) proses (3) evaluasi, (4) faktor pendukung dan penghambat dan (5) dampaknya terhadap akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka dan juga catatan lapangan.. informen utama dalam penelitian ini adalah pembina Rohis dan informen tambahannya adalah guru guru yang lain dan juga peserta didik di MTs Negeri 4 Bekasi. Eksistensi kegiatan Rohis disebagian besar sekolah memberikan dampak yang positif bagi peserta didik, diantaranya mereka memperoleh pelajaran yang tidak hanya bersifat teoritis melainkan pada hal-hal yang bersifat praktis dan memiliki peran yang lumayan penting di dalam sekolah. Kegiatan program keagamaan Rohis memiliki program-program yang tujuannya dapat membantu peserta didik dalam mengamalkan ajaran dalam setiap tindakan serta perbuatannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaannya merujuk pada visi dan juga misi sekolah yaitu ingin menanamkan akhlak yang baik pada peserta didik. Tujuannya untuk menambah pengetahuan dan mempebaiki akhlak peserta didik di MTs Negeri 4 Bekasi. 2) Prosesnya meliputi metode yang digunakan yaitu bandungan, materi nya kitab Akhlakul Banin jilid 1, jadwal yang sudah disesuaikan dan juga tenaga pengajar yang tidak hanya lulusan perguruan tinggi tetapi juga pesantren; 3) Evaluasinya dengan tes seperti tanya jawab dan baca kitab dan tehnik non tes yaitu melihat langsung prilaku peserta didik teruatama akhlaknya ketika disekolah; 4) Motivasi peserta didik dalam mengikuti kajian ini dan juga konsistensi para pendidik dan semangatnya untuk menanamkan akhlak yang baik kepada peserta didik merupakan faktor pendukung, sedangkan waktu dan juga sarana dan prasarana dalam hal ini tempak masih kurang memadai. 5) Dampknya terhadap akhlak peserta didik adalah: a) Bertambahnya pengetahuan peserta didik terkait materi tentang akhlak; b) Menyadarkan peserta didik tentang pentingnya berakhlak yang baik, seperti sekarang lebih menghargai guru dengan cara selalu memberi salam dan mencium tangan guru ketika ketemu dijalan, mengurangi berkata-kata kasar yang biasanya mereka lakukan, dan juga mereka yang sudah semakin sadar untuk menjaga lingkungan sekolah seperti membuang sampah pada tematnya dan tidak mengotori dan merusak properti sekolah. ENGLISH: In the processing of human life, implanting and developing character and morality are very important things, and formal institute such as school has the duty to implanting morality over students. Normally, school always serving two programs in terms of creating morality, that is intra-curricular and extra-curricular. Then, Rohis Religion Program has been choosing with using holy book as subject that related with morality. The main purposes of this program is to implanting good morality over students, meanwhile it is also to introducing the holy book over students in order to accustomed reading holy book presently. The purpose of this study was to identify (1) planning, (2) process (3) evaluation, (4) supporting and inhibiting factors and (5) the impact on students' morals. This study uses a qualitative approach with descriptive method. Data collection was carried out with observation, interviews, documentation, literature studies and field notes. The main informants in this study were Rohis coaches and additional informants were other teacher teachers and students at MTs Negeri 4 Bekasi. The existence of Rohis program in the big half of High School is to give positive effect over students, because they can derive subjects that not just theories but also in the practice subjects. It is also had important programs that helpful over students in terms of applying every single acts in daily life. The results of this research be: 1) The Planning is based on vision and mission of the schools, is to implanting good morality over students. The purpose is to increasing sciences and repairing student moralities in MTs Negeri 4 Bekasi; 2) The process is including method that has been using, that is bandungan method, the subjects are holy book entitled Akhlakul Banin Jilid 1, the schedule that has been appropriate and the teachers that has been graduated from University and Pesantren.; 3) The Evaluating system is by using test such as test of question and answer and reading the holy book, and the evaluating of non-test is concerning over students individuality especially in terms of their morality over the school; 4) Students motivation in order to follow this study and their enthusiasm to implanting good morality over students as supporting factor, meanwhile the times and infrastructures in this case still appear in bad conditions. The impact over students are: 1) Skill and ability over students has been increasingly in terms of subject about morality; 2) Bringing out students about the important of have good morality, the example is more respecting teacher with always giving salam and greeting each other while meet in the street or anywhere, bringing down rough words, and also they were aware to keep school area such as through away the trash, and not to contaminating and broke high school properties.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program Rohis; Akhlak Peserta didik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: burhan burhan
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:23
Last Modified: 12 Jan 2022 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19239

Actions (login required)

View Item View Item