Perlindugan Hukum terhadap korban kejahatan tindak pidana narkotika kaitannya dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika

Utomo, Nugroho Catur (2017) Perlindugan Hukum terhadap korban kejahatan tindak pidana narkotika kaitannya dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Narkotika merupakan zat atau obat yang sangat bermanfaat dan diperlukan untuk pengobatan penyakit tertentu. Namun, jika disalahgunakan atau digunakan tidak sesuai dengan standar pengobatan dapat menimbulkan akibat yang sangat merugikan bagi perseorangan atau masyarakat khususnya generasi muda. Hal ini akan lebih merugikan jika disertai dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika yang akan berdampak kepada semakin banyaknya korban tindak pidana narkotika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif perlindungan hukum korban tindak pidana narkotika didalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, hak-hak korban tindak pidana narkotika, serta bagaimana kebijakan hukum pidana dimasa yang akan datang dalam memberikan perlindungan terhadap korban tindak pidana narkotika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif yaitu hukum yang dikonsepkan sebagai norma atau kaidah yang berlaku di dalam masyarakat. Penelitian hukum normatif disebut juga penelitian hukum doktrinal yang objek kajiannya adalah dokumen peraturan perundang-undangan dan bahan pustaka. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-udangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan perbandingan tentang perlindungan hukum terhadap korban kejahatan tindak pidana narkotika kaitannya dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Hasil penelitian menunjukkan, bahwa perlindungan terhadap korban tindak pidana narkotika didalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, secara konkret belum terdapat perlindungan. Korban tindak pidana narkotika tidak mendapatkan haknya untuk direhabilitasi, sebaliknya korban tindak pidana narkotika mendekam di penjara, padahal tujuan Undang-Undang tersebut adalah menjamin upaya rehabilitasi. Kebijakan hukum pidana dimasa mendatang harus berparadigma terhadap pengobatan korban tindak pidana narkotika bukan berparadigma terhadap penghukuman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan; Korban; Narkotika
Subjects: Criminal Law
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:07
Last Modified: 01 Mar 2019 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19188

Actions (login required)

View Item View Item