Pengaruh sistem pengendalian internal terhadap realisasi anggaran di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta

Mentari, Alisya (2018) Pengaruh sistem pengendalian internal terhadap realisasi anggaran di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Realisasi anggaran selalu menjadi sorotan apabila membahas mengenai anggaran. Pelaporan realisasi anggaran merupakan tolak ukur kinerja dari anggaran itu sendiri. Penyandingan anggaran dan realisasinya menunjukkan tingkat ketercapaian target-target yang telah disepakati bersama oleh pemangku kepentingan. Dengan pelaporan realisasi anggaran ini, instansi pemerintah dapat mengevaluasi penggunaan dana setiap tahun sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, seluruh instansi pemerintah wajib melaporkan secara berkala setiap tahunnya mengenai realisasi anggaran termasuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan pengendalian terhadap realisasi anggaran; penilaian resiko terhadap realisasi anggaran; kegiatan pengendalian terhadap realisasi anggaran; informasi dan komunikasi terhadap realisasi anggaran; serta pemantauan terhadap realisasi anggaran. Penulis menggunakan teori sistem pengendalian internal dari Mahmudi yang dapat diukur berdasarkan: lingkungan pengendalian; penilaian resiko; kegiatan pengendalian; informasi dan komunikasi; serta pemantauan. Sedangkan teori realisasi anggaran penulis menggunakan teori Bastian, dimana realisasi anggaran terdiri dari: pencairan anggaran (pengeluaran); realisasi pendapatan; dan pelaksanaan program. Metode penelitian menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada 60 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah pengujian validitas, pengujian reliabelitas, analisis regresi berganda, analisis uji parsial (Uji-t), analisis uji simultan (Uji-F) dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf 0,10/10%, lingkungan pengendalian (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan t hitung < t tabel (-0,982 > 1,673). Selain itu, dimensi penilaian resiko (X2) juga tidak berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan t hitung < t tabel (1,181 < 1,673). Sedangkan dimensi kegiatan pengendalian (X3) secara parsial berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan t hitung > t tabel (1,957 > 1,673). Lalu, dimensi informasi dan komunikasi (X4) secara parsial tidak berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan t hitung < t tabel (1,330 < 1,673). Selanjutnya variabel pemantauan (X5) berpengaruh terhadap realisasi anggaran dengan t hitung > t tabel (1,750 < 1,673). Adapun lima dimensi mengenai sistem pengendalian internal tersebut memperoleh R Square sebesar 0,4475 atau 44,8%. Sedangkan sisanya 55,2% di pengaruhi faktor diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal; Realisasi Anggaran; Pemerintah Daerah
Subjects: Public Finance > Public Finance of Indonesia
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Alisya Mentari
Date Deposited: 27 Feb 2019 06:36
Last Modified: 27 Feb 2019 06:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item View Item