Penerapan metode pembelajaran Peer Instruction untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada Konsep Larutan Penyangga

Verawati, Verawati (2017) Penerapan metode pembelajaran Peer Instruction untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada Konsep Larutan Penyangga. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)

Abstract

Konsep larutan penyangga sering dianggap sebagai konsep yang sulit dipahami siswa karena termasuk konsep yang kompleks sehingga dalam pembelajaranya diperlukan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran larutan penyangga dengan menggunakan metode pembelajaran peer instruction, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS, menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui tes keterampilan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa, format penilaian aktivitas siswa, guru, aspek psikomotor siswa, dan tes keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan penelitian pre-eksperimen terhadap 36 siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 3 Kota Bandung. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistika persentase. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang diuraikan, disimpulkan bahwa secara keseluruhan aktivitas siswa terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 87%. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS pada tahap siswa berdiskusi memiliki nilai rata-rata 88,9; tahap merevisi tanggapan memiliki nilai rata-rata 94,5; dan tahap umpan balik memiliki nilai rata-rata 84,2. Secara keseluruhan kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS menunjukkan hasil yang sangat baik dengan nilai rata-rata 88,8. Keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain adalah 0,71 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peer Instruction; Keterampilan Berpikir Kritis; Larutan Penyangga.;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:48
Last Modified: 20 Feb 2019 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18895

Actions (login required)

View Item View Item