Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Fiqih: Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI Matla’ul Athfal

Fatimah, Novitasari Dewi (2019) Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Fiqih: Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI Matla’ul Athfal. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metod ceramah yang membuat siswa mudah bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran ketika proses pembelajaran berlangsung. Permasalahan-permasalahan di atas menyebabkan kurangnya pemahaman dan rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan hasil belajar kognitif siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran circuit learing pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran circuit learning yang berasumsi pada kerangka pemikiran dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih. Karena model pembelajaran ini menggunakan pendekatan berpikir dan berbasis masalah yang mampu mengajak siswa memaksimalkan pemberdayaan pikiran dan perasaan dengan pola penambahan (adding) dan pengulangan (repetition) terhadap materi yang telah diajarkan. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari empat tahapan yang dilakukan secara berulang yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes sebagai bukti bahwa telah melakukan penelitian. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V MI Matla’ulAthfal dengan jumlah 21 orang terdiridari 8 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Hasil belajar kognitif siswa mengalami perbaikan dan peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase hasil belajar kognitif siswa prasiklus yaitu 58%, siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 66% dan siklus II 73%. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa model pembelajaran circuit learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas V MI Matla’ul Athfal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Circuit Learning; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novitasari Vita Supriadi
Date Deposited: 05 Mar 2019 02:53
Last Modified: 05 Mar 2019 02:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18839

Actions (login required)

View Item View Item