Pengaruh Financing to Deposito Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Nett terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank Panin Syariah

Ayanih, Sevi (2018) Pengaruh Financing to Deposito Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Nett terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank Panin Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan perbankan syariah yang semakin pesat, dan persaingan antar bank pun semakin ketat sehingga menuntut untuk lebih meningkatkan usahanya, yaitu melalui penghimpunan, pembayaan maupun jasa. Dalam memberikan pembiayaan tidak terlepas dari risiko bermasalahnya pembiayaan tersebut. Untuk menilai sejauh mana pihak bank mampu dengan baik menyalurkan pemboayaan dapat dilihat dari besarnya Financing to Deposito Ratio (FDR) sementara untuk melihat seberapa besar pembiayaan yang disalurkan menjadi pembiayaan bermasalah dapat dilihat dari besarnya rasio Non Performing Financing (NPF) Nett. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Financing to Deposito Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) di PT Bank Panin Syariah. (2) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Non Performing Financing (NPF) Nett terhadap Return On Asset (ROA) di PT Bank Panin Syariah. (3) Untuk mengetahui Financing to Deposito Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Nett terhadap Return On Asset (ROA) di PT Bank Panin Syariah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan publikasi triwulan PT Bank Panin Syariah Tahun 2014-2016. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan kepustakaan, browsing, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, korelasi PPM, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan perhitungan manual dan alat pengolah data yaitu melalui program SPSS Versi 23.0. Penelitian ini menyimpulkan: pertama, secara parsial FDR tidak berpengaruh terhadap ROA dengan nilai t>htung > ttabel (1,867 < 2,228) yang menunjukan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara FDR terhadap ROA pada PT. Bank Panin Syariah. Kedua NPFnett secara parsial berpengaruh terhadap ROA dengan nilai thitung < ttabel ( -3,754 < 2,228) dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara NPF nett terhadap ROA. Besarnya hubungan NPF nett dan ROA sebesar 58,5% sisanya sebesar 41,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Ketiga secara simultan FDR dan NPF nett berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai Fhitung > Ftabel (7,006 > 5,12) dapat disimpulkan maka H0 ditolak, dan H1 diterima. Jadi terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara FDR dan NPF Nett terhadap ROA. Dapat diketahui bahwa nilai koefisien determinasi adalah 0,609 atau 60,9% sedangkan sisanya yaitu 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposito Ratio (FDR); Non Performing Financing (NPF) Nett; Return On Asset (ROA);
Subjects: Accounting > Elementary Level of Accounting
Accounting > Fiduciary Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: sevi ayanih
Date Deposited: 18 Feb 2019 06:42
Last Modified: 18 Feb 2019 06:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18731

Actions (login required)

View Item View Item