Penerapan model pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring (CWPT) menggunakan permainan jeopardy pada materi koloid

Fitriadi, Rahmi Kurnia (2017) Penerapan model pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring (CWPT) menggunakan permainan jeopardy pada materi koloid. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Koloid merupakan materi kimia yang berisi konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kooperatif melalui model pembelajaran CWPT menggunakan permainan Jeopardy dibutuhkan, agar siswa menjadi aktif dengan cara belajar menemukan informasi dari berbagai sumber dan belajar dari siswa lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran CWPT menggunakan permainan Jeopardy, menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan LKS, dan menganalisis hasil belajar kognitif siswa pada materi koloid. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, LKS, dan tes tulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimen dengan subjek kelas XI MIPA SMA PGRI 03 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (a)keterlaksanaan model pembelajaran CWPT menggunakan permainan Jeopardy terlaksana dengan sangat baik, terlihat dari penilaian observasi pembelajaran secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 92.43%, (b) kemampuan siswa menyelesaikan LKS dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil penyelesaian LKS yaitu 78.92 dengan kategori baik,(c) terdapat peningkatan pada hasil belajar kognitif siswa yang dapat dilihat dari rata-rata perolehan N-Gain dari tiga kelompok prestasi yaitu bawah, sedang, dan atas berturut-turut 0.57 dengan interpretasi peningkatan sedang, 0.61 dengan interpretasi peningkatan sedang, dan 0.74 dengan interpretasi peningkatan tinggi. Model pembelajaran CWPT menggunakan permainan Jeopardy menunjukkan siswa beraktivitas secara aktif dengan saling berbagi pengetahuan, mengajar teman sebayanya, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan dan siswa secara aktif melaksanakan tugas dengan keterampilan berpikir sehingga pembelajaran lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CWPT; Permainan Jeopardy; Koloid; Hasil Belajar Kognitif;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:51
Last Modified: 13 Feb 2019 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18711

Actions (login required)

View Item View Item