Pengaruh self regulated learning terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fikriah, Shifa Jaenal (2016) Pengaruh self regulated learning terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari penemuan peneliti mengenai sedikitnya mahasiswa yang memiliki IPK di atas 3,00 di Fakultas Psikologi. Penelitian ini secara khusus menyelidiki faktor personal dari mahasiswa yang diduga berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa yang memiliki IPK di atas 3,00 yang dimilikinya. Faktor yang akan diteliti adalah keteraturan diri dalam belajar (Self Regulated Learning). Konsep keteraturan diri dalam belajar (Self Regulated Learning) bersumber dari konsep self regulation yang dikemukakan oleh Bandura (1997), namun sudah dimodifikasi dan dispesialisasi untuk ranah pendidikan oleh Zimmerman (2000). Atas dasar itu peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah self regulated learning berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang memiliki IPK di atas 3,00. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif self regulated learning terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang memiliki IPK di atas 3,00. Metode yang digunakan adalah penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan rancangan non experimental dengan metode korasional. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana ( simple linear regresion ) dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Populasi yang akan dijadikan sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2013 dan 2014 yang memiliki IPK di atas 3,00. Teori yang digunakan untuk analisis data didasarkan pada konsep strategi dari Zimmerman & Martinez-Pons (1986). Data penelitian, meliputi: (1) Data primer yakni data-data yang berhubungan dengan keteraturan diri dalam belajar (Self Regulated Learning), dan (2) data sekunder yakni data-data yang berhubungan dengan hasil prestasi akademik yang berupa IPK. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis statistik regresi sederhana menghasilkan koefisien kedua variabel independen dengan variabel dependent sebesar 0,666. Untuk nilai α= 0,05. Karena α < 0,666, maka H0 diterima dan H1 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh Self Regulated Learning terhadap prestasi akademik mahasiswa yang memiliki IPK di atas 3,00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning; Prestasi Akademik; Mahasiswa;
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:41
Last Modified: 11 Feb 2019 07:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18697

Actions (login required)

View Item View Item