Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global

Hasanah, Arini Ulfa (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Hasil studi pendahuluan di MTs Ar-Raudloh Cileunyi diperoleh data bahwa model pembelajaran yang digunakan belum memfasilitasi peserta didik. salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada materi pemanasan global, mengevaluasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Group Investigation pada materi pemanasan global. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan model One Group Pretest dan Posttes, sampel penelitian ini diambil pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yang berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes (Pretest dan Posttes) yang kemudian dianalisis dengan proses statistik serta diambil dari hasil langkah-langkah evaluasi dari model pembelajaran kooperatif tipe GI. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada materi pemanasan global dengan menggunakan model pembelajaran tipe GI, secara keseluruhan terjadi peningkatan yang signifikan, dimana hasil nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 1 sebesar 62,42 dan hasil posttest memperoleh nilai 82,09 dengan kategori baik. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pretest sebesar 54,52 sedangkan posttest memperoleh nilai 71,93 berada pada kategori cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Group Investigation; Hasil Belajar;
Subjects: Natural Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: arini arini ulfa
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:53
Last Modified: 11 Feb 2019 03:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18576

Actions (login required)

View Item View Item