Manajemen pengendalian mutu pendidik di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor Sumedang

Masitoh, Siti (2016) Manajemen pengendalian mutu pendidik di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulamna (NU). Manajemen pengendalian mutu pendidik Madrasah Tsanawiyah Jatinangor dilaksanakan secara komprehensif meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik dan meningkatkan keprofesionalan pendidik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui latar belakang berdirinya Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor Sumedang, Manajemen Pengendalian Mutu Pendidik, meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dang penghambat, serta keberhasilan yang telah dicapai dalam pelaksanaan manajemen pengendalian mutu pendidik di Madrasah Tsanawiyah Jatinangor Sumedang. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pendidik merupakan komponen yang penting untuk mempengaruhi keberhasilan pendidikan. Maka skripsi ini mengulas tentang sebagian cara untuk menciptakan pendidik yang efektif, efisien dan profesional di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan utinitasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, cek teman sejawat, analisis kasus negative, kecukupan referensi, pengecekan anggota, uraian rinci dan auditing. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan (1) berdirinya Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Jatinangor Sumedang dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat akan sekolah keagamaan, dan untuk itu diperlukan pendidik yang bermutu agar memperoleh output yang berkualitas. (2) perencanaan manajemen pengendalian mutu pendidik dengan program IHT guna meningkatkan kualitas pendidik, (3) dalam pelaksanaanya melalui program MGMP serta tidak terlepas dari pengawasan langsung yang dilakukan oleh kepala madrasah dan pengawas dari kementrian agama dengan agenda rapat, baik rapat dinas kementrian agama, rapat dengan para staf dan pendidik, rapat dengan lembaga, dan agenda rapat lain yang waktunya diatur sesuai program dan kebutuhan. setelah dilakukannya pengendalian mutu pendidik maka dilakukan (4) evaluasi yang dilakukan oleh pihak pengawas kemenag dengan kelas visit dan PKG. Adapun hal yang dievaluasi dari pendidik meliputi rencana pembelajaran dan proses pembelajaran berlangsung. (5) faktor pendukung dalam pelaksanaan pengendalian pendidik meliputi kebijakan pemerintah yang mendukung guru agar dapat meningkatkan mutu sesuai kualifikasi akademiknya, kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik, biaya tunjangan dari sekolah dan dari pemerintah bagi guru berprestasi. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi waktu yang terbatas bagi guru, sarana prasarana kurang memadai, dan biaya pribadi tidak terkendali. (6) Keberhasilan yang dicapai dari pelaksanaan pengendalian mutu pendidik yaitu: Akreditasi madrasah bagus, mutu pendidik menjadi terkendali, dan para guru menjadi kompeten dalam melaksanakan tugasnya di sekolah serta tingkat sertifikasi guru bertambah. Sedangkan hasil untuk siswa yaitu, kualitas pembelajaran meningkat, tingkat kedisiplinan siswa lebih baik dari sebelumnya, dan terampil dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pengendalian; Mutu; Pendidik;
Subjects: Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 06 Feb 2019 01:48
Last Modified: 06 Feb 2019 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18534

Actions (login required)

View Item View Item