Manajemen sarana prasarana Madrasah: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Millah Babakan Limus Sumedang

Nurhasanah, Silviah (2016) Manajemen sarana prasarana Madrasah: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Zainul Millah Babakan Limus Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I (Revisi).pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II (Revisi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III (Revisi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA (Revisi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi bahwa sarana prasarana pendidikan menjadi penting karena mutu pendidikan dapat ditingkatkan melalui pengadaan sarana prasarana, baik yang secara langsung maupun tidak langsung menunjang proses belajar-mengajar. Agar sarana prasarana yang ada memiliki nilai daya guna yang tinggi diperlukan pengelolaan yang jelas dan untuk itu perlunya setiap personil memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen sarana prasarana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah Madrasah Ibtidaiyah Zainul Millah Babakanlimus Sumedang, perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, penginventarisasian, penghapusan serta faktor penunjang dan faktor penghambat Madrasah Ibtidaiyah Zainul Millah Babakanlimus Sumedang. Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa keberhasilan pendidikan dalam proses belajar mengajar akan dapat tercapai dengan baik apabila memiliki sistem manajemen, salah satunya manajemen sarana prasarana. Manajemen sarana prasarana Madrasah Ibtidaiyah Zainul Millah Babakanlimus Sumedang dilakukan dengan perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, penginventarisasian, dan penghapusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriprif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dan teknik menyalin atau dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis data dengan penafsiran deskriptif semata-mata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Zainul Millah Babakanlimus Sumedang didukung oleh adanya kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya. Perencanaan dilakukan melalui rapat oleh kepala madrasah dengan para guru yang melibatkan komite, dan perwakilan orang tua siswa. Pengadaan sarana prasarana hasil dari perencanaan yang sebelumnya dilakukan, pengadaan tidak terlepas dari yang namanya dana. Pemeliharaan dilakukan oleh semua warga madrasah, pemeliharaan dilakukan guna menjaga sarana prasarana yang ada di madrasah. Penginventarisasian yang dilakukan dibagi ke dalam dua bagian yaitu inventaris kelas, dan inventaris sekolah. Penghapusan dilakukan dengan membuang dan tukar tambah. Faktor pendukung adalah sarana prasarana yang memadai meskipun tidak 100%. Sedangkan faktor penghambat adalah pemeliharaan yang masih kurang karena masih ada masyarakat yang mengotori fasilitas madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Sarana; Prasarana;
Subjects: Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 06 Feb 2019 01:50
Last Modified: 06 Feb 2019 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18533

Actions (login required)

View Item View Item